Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Kuantum yang valid dan praktis untuk mengajarkan matematika siswa kelas VIII SMP ; (2) mengetahui potensial efeknya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) field test. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Kuantum, tes hasil belajar dan angket tentang tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Kuantum. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa semua indikator aktivitas siswa berada dalam batas waktu toleransi yang ditetapkan artinya pembelajaran yang menggunakan perangkat dengan pendekatan Kuantum efektif. Hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Kuantum tergolong baik. Dari tes hasil belajar pada tiap akhir pertemuan dan tes akhir seluruh materi bangun ruang sisi datar hampir semua siswa telah memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa siswa senang pembelajaran matematika diajarkan dengan pendekatan Kuantum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pendekatan Kuantum dikategorikan valid dan praktis ; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan mempunyai potensial efek terhadap kemampuan siswa dalam menguasai materi bangun ruang sisi datar.
DOI: 10.22342/jpm.4.1.311
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2010 Marini Fitriani, Yusuf Hartono, Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Akker, J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development Research. In : J. Van den Akker, R. Branch, K. Gustafen, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht : Kluwer. Budhi, Wono Setya, Ph.D. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Erlangga.
- Dahar, Ratna, W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
- De Porter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Jakarta: Kaifa.
- Depdiknas. 2004. Materi Terintegrasi. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.
- Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
- Djaali. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Jakarta.
- Dirjendikdasmen. 1976. Matematika 2 untuk SMP. Jakarta: PT. Intermedia.
- Dirjendikdasmen. 1976. Matematika 5 untuk SMP. Jakarta: PT. Intermedia.
- Drost, J.I.G.M. 1999. Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Gunawan, A.W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.
- Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Dirjen Dikti. Depdikbud. Jakarta: P2LPTK.
- Hudoyono, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.
- Ikhsan. 2006. Pembelajaran Kuantum pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras di Kelas 2 SLTP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Tesis.
- Mizan. 2008. Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif dengan Menerapkan Strategi Belajar Mengajar bernama “Contextual Teaching and Learning”. Tersedia pada (http://www.mizan.com/index). Diakses tanggal 25 Februari 2009.
- Nasoetion. Noehi. dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Rusyan, T, Atang Kusdinar, Zaenal Arifin. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roshdakarya.
- Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
- Sudjana. 1989. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
- Suherman, Erman. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Beorientasi Kompetensi Siswa. Tersedia pada (http://educare.e-fkipunla.net). Diakses tanggal 25 Februari 2009.
- Sunardi. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berbasis Teori Van Hiele. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPS. Unesa (Jurnal).
- Soedjadi. 1990. Kerawanan Pengajaran Matematika di Sekolah. Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 50 Th. XIII. Sept 1990. Surabaya: IKIP Surabaya.
- Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London, Philadelphia : Kogan Page.
- Triandinita. 1984. Aktivitas dan Prestasi Belajar. Tersedia pada (http://ipotes.Wordpress.com/2008/05/24/prestasi-belajar/). Diakses tanggal 25 Februari 2009.
- Wardani, I.G.A.K, Siti Julaeha, M.A, Ngadi Marsinah, M.Pd. 2001. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka
- Worldpress. 2008. Teori Belajar Behavioristik. Tersedia pada (http://id.wikipedia.org/wiki/Teori Belajar Behavioristik). Diakses tanggal 10 Maret 2009
- Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistik Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi (http://projects.edte.utwente.ni/cascade/imei/dissertation/dise rtasi,html). Diakses tanggal 10 Maret 2009.
References
Akker, J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development Research. In : J. Van den Akker, R. Branch, K. Gustafen, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht : Kluwer. Budhi, Wono Setya, Ph.D. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Erlangga.
Dahar, Ratna, W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
De Porter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Jakarta: Kaifa.
Depdiknas. 2004. Materi Terintegrasi. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Djaali. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Jakarta.
Dirjendikdasmen. 1976. Matematika 2 untuk SMP. Jakarta: PT. Intermedia.
Dirjendikdasmen. 1976. Matematika 5 untuk SMP. Jakarta: PT. Intermedia.
Drost, J.I.G.M. 1999. Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Gunawan, A.W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Dirjen Dikti. Depdikbud. Jakarta: P2LPTK.
Hudoyono, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.
Ikhsan. 2006. Pembelajaran Kuantum pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras di Kelas 2 SLTP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Tesis.
Mizan. 2008. Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif dengan Menerapkan Strategi Belajar Mengajar bernama “Contextual Teaching and Learning”. Tersedia pada (http://www.mizan.com/index). Diakses tanggal 25 Februari 2009.
Nasoetion. Noehi. dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusyan, T, Atang Kusdinar, Zaenal Arifin. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roshdakarya.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana. 1989. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Suherman, Erman. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Beorientasi Kompetensi Siswa. Tersedia pada (http://educare.e-fkipunla.net). Diakses tanggal 25 Februari 2009.
Sunardi. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berbasis Teori Van Hiele. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPS. Unesa (Jurnal).
Soedjadi. 1990. Kerawanan Pengajaran Matematika di Sekolah. Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 50 Th. XIII. Sept 1990. Surabaya: IKIP Surabaya.
Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London, Philadelphia : Kogan Page.
Triandinita. 1984. Aktivitas dan Prestasi Belajar. Tersedia pada (http://ipotes.Wordpress.com/2008/05/24/prestasi-belajar/). Diakses tanggal 25 Februari 2009.
Wardani, I.G.A.K, Siti Julaeha, M.A, Ngadi Marsinah, M.Pd. 2001. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka
Worldpress. 2008. Teori Belajar Behavioristik. Tersedia pada (http://id.wikipedia.org/wiki/Teori Belajar Behavioristik). Diakses tanggal 10 Maret 2009
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistik Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi (http://projects.edte.utwente.ni/cascade/imei/dissertation/dise rtasi,html). Diakses tanggal 10 Maret 2009.