Main Article Content

Abstract

Buku matematika tentang integral yang ada saat ini, banyak beredar dalam bentuk abstrak. Siswa diberi materi integral dengan rumus-rumus dan contoh soal, yang kemudian siswa dilatih secara drill agar terampil menyelesaikan soal tersebut. PMRI adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang akan menggiring siswa memahami konsep matematika dengan mengkontruksi sendiri melalui pengetahuan sebelumnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya, menemukan sendiri konsep tersebut sehingga belajarnya menjadi bermakna. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan prototipe materi PMRI integral untuk SMA di Palembang yang valid, praktis, dan mempunyai potensi efek yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Nurul Amal Palembang , dan siswa kelas XII IPA C dan D SMA Negeri 3 Palembang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pakar, observasi pelaksanaan prototipe, angket kepada siswa dan dokumen pekerjaan siswa pada latihan di prototipe. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa hasil pengembangan prototipe materi PMRI integral untuk SMA menggunakan pendekatan PMRI di Palembang valid berdasarkan isi, bahasa, dan kesesuaian konteks. Hasil Uji coba prototipe materi integral yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 3 Palembang mempunyai efek yang potensial, yaitu siswa suka belajar dengan pendekatan PMRI, siswa aktif mengikuti pelajaran menggunakan pendekatan PMRI, dan hasil rata-rata menyelesaikan soal latihan 93,7 termasuk dalam kategori sangat baik.


DOI: 10.22342/jpm.3.2.321

Keywords

pengembangan PMRI prototipe

Article Details

How to Cite
Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2025). PENGEMBANGAN MATERI INTEGRAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/320

References

  1. Asmin. 2003. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan kendala yang muncul di lapangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 044. Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang – Depdiknas. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/44/asmin.htm, diakses tanggal 20 Nopember 2006
  2. De Lange, J 1987. Mathematics Insight and Meaning. Ultrecht: OW & OC. Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Diknas, 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). http://www.puskur.net/inc/si/sma/matematika.pdf. Diakses tanggal 1 Maret 2007.
  4. Dikdasmen, 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program
  5. Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Ultrecht: Freudenthal Institute.
  6. Gravemeijer, K. & Doorman, M. 1999. Context Problems in Realistic Mathematics Education: A Calculus Course as an Example. Educational Studies in Mathematics Vol. 39: 111-129. Kluwer Academic Publisher.
  7. Diknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). http://www.puskur.net/inc/si/sma/matematika.pdf diakses tanggal 1 Maret 2007
  8. Marpaung, Y., 2007. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI: Matematisasi Horizontal dan Matematisasi Vertikal; Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1 No. 1, hal.1-20. Palembang: Program Studi Pendidikan Matematika PPS-Unsri
  9. Pitadjeng. 2005. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Semarang: Depdiknas Dirjen Dikti
  10. Purcel. Edwin & Varberg. Dale. 1995. Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid 1: Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga
  11. Rohani, Ahmad. 2005. Pengelolaan Pengajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta Slettenhaar. 2000. Adapting Realistic Mathematics Education in the Indonesian Contex. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000.
  12. Supartono. 2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Mathedu ; Vol. 1 No. 2 Juli 2006 , hal. 161. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPS-UNESA.
  13. Suryanto. 2002. Penggunaan Masalah Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Yogyakarta: UNY.
  14. Syaodih & Ibrahim. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Sastrawijaya. 1991. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta Treffers. 1991. Didactical Background of a Mathematics Program for Primary
  16. Education. Dalam Streetland. L (ed). Realistic Mathematics Education in Primary School. Freudenthal Institute. Utrecht.
  17. Zulkardi. 2002. Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Disertasi. University of Twente.
  18. Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities.com/zulkardi/books.html. Diakses hari Rabu, tanggal 14 Mei 2008.
  19. Zulkardi. 2007. Arti PISA, TIMSS, &UN bagi Guru Matematika. Makalah Seminar Nasional Pendidikan. FKIP UNSRI. PPS- UNSRI, 4 September 2007.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.