Main Article Content
Abstract
Penelitian Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual pokok bahasan turunan yang valid dan praktis; (2) mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis kontekstual pokok bahasan turunan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) field test. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 81,11 atau sudah melampaui standar ketuntasan minimum 66,16. Hasil observasi menunjukkan bahwa tujuh prinsip pembelajaran kontekstual telah mencapai 84,95 % atau termasuk kriteria baik. Dari data dokumentasi disimpulkan bahwa untuk penggunaan buku siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS) telah mencapai kriteria kepraktisan. Kemudian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah didesain, divalidasi oleh beberapa pakar dan praktisi matematika dan pendidikan matematika kemudian direvisi berdasarkan saran dari para pakar tersebut. RPP yang telah divalidasi dan direvisi tersebut dianggap telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual untuk pokok bahasan turunan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis; (2) dari hasil analisis data tes hasil belajar pokok bahasan turunan dengan menggunakan pendekatan kontekstual diketahui bahwa nilai rata-rata siswa telah mencapai 81,11 dengan kata lain sudah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 66,16. Hal ini berarti bahwa pembelajaran kontekstual yang dilakukan sudah termasuk kategori efektif.
DOI: 10.22342/jpm.3.1.323
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2009 Tati, Zulkardi, Yusuf Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Depdiknas. 2003. Kurikulum 2006 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta.
- Depdiknas. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif. (http://www.dikdasmen.org diakses tanggal 21 Januari 2008).
- Djaali; Muljono,P. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
- Djumanta, W. R. Sudrajat (2008). Mahir Mengembangkan Kemampuan Matematika SMA/MA IPA. (http://www.bse.depdiknas.go.id diakses tanggal 1 Pebruari 2009).
- Indarsih; Kartini; Suprapto; Setiyadi, U. Matematika Kontekstual Plus 2. Klaten : Intan Pariwara.
- Johnson, B. E. (2007). Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.
- Muslich, Masnur. (2007). KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
- Pambudi, S. D. (2007) Berbagai Alternatif Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume I (2), 39- 45.
- Rudhito, M. A. (2005). Perancangan dan Pelaksanaan Model Pembelajaran Persamaan Kuadrat untuk Kelas X SMA dengan Pendekatan ’Matematisasi Berjenjang. Widya Dharma, Vol. 16. No. 1, pp. 67-76.
- Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
- Suherman, E. (2009). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika (http://educare.e-fkipunla.net diakses tanggal 13 Pebruari 2009).
- Tessmer. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation : Improving the quality of education and training. London : Kogan Page.
- Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Thesis. Enschede: University of Twente.
- Zulkardi. (1999). Case Study Research by Yin and Planning and Conducting
- Formative Evaluation by Tessmer (book reviewed by Zulkardi). (http://www.geocities.com/zulkardi/reviewzulkardi.html diakses tgl 12 Mei 2008)
References
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2006 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif. (http://www.dikdasmen.org diakses tanggal 21 Januari 2008).
Djaali; Muljono,P. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Djumanta, W. R. Sudrajat (2008). Mahir Mengembangkan Kemampuan Matematika SMA/MA IPA. (http://www.bse.depdiknas.go.id diakses tanggal 1 Pebruari 2009).
Indarsih; Kartini; Suprapto; Setiyadi, U. Matematika Kontekstual Plus 2. Klaten : Intan Pariwara.
Johnson, B. E. (2007). Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.
Muslich, Masnur. (2007). KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Pambudi, S. D. (2007) Berbagai Alternatif Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume I (2), 39- 45.
Rudhito, M. A. (2005). Perancangan dan Pelaksanaan Model Pembelajaran Persamaan Kuadrat untuk Kelas X SMA dengan Pendekatan ’Matematisasi Berjenjang. Widya Dharma, Vol. 16. No. 1, pp. 67-76.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suherman, E. (2009). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika (http://educare.e-fkipunla.net diakses tanggal 13 Pebruari 2009).
Tessmer. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation : Improving the quality of education and training. London : Kogan Page.
Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Thesis. Enschede: University of Twente.
Zulkardi. (1999). Case Study Research by Yin and Planning and Conducting
Formative Evaluation by Tessmer (book reviewed by Zulkardi). (http://www.geocities.com/zulkardi/reviewzulkardi.html diakses tgl 12 Mei 2008)