Main Article Content
Abstract
The clues of the research is to known description of students problem solving ability by applying of Cooperative STAD type by problem solving . Model of study of cooperative STAD type by problem solving is a model to solve mathematics problem that have done by groups giving clues. The clues consist of some solving keys that given a part, each of member groups get a key. Subject of reseach are 48 students of grade XI natural science in senior high school 6 Palembang. Data collecting have done by giving test that content 3 discription question. The results of analysis shown mean of discriptor indicator are 74.34%, average abilty are 79.04 or 85.42% have shown good ability for problem solving. Conclusions of this reseach are learning use study model of Cooperative Problem Solving could be done to practise the ability of student’s problem.
DOI: 10.22342/jpm.5.2.598.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2011 Indriati, Yusuf Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Adi Nur Cahyono, M.Pd. 2008. Pengembangan Model Creative Problem Solving Berbasis Teknologi.http://pendidikansains.blogspot.com/2008/06/pengembangan-model-creative- problem.html. Diakses 15 Desember 2008
- Arikunto, Suharsimi. 1987. Dasar-dasa Evaluasi Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Akasara
- Cano, Juan. 2002. Scaffolding Research papers, file:///F:/Scaffolding%20Website.htm. Diakses tanggal 15 Desember2008..
- Doantara yasa. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif. http://ipotes.wordpress.com/2008/05/10/ metode-pembelajaran-kooperatif/ Diakses tanggal 10 Februari 2009
- Fadjar Shadiq, M.App.Sc. 2007. Pentingnya pemecahan Masalah. http://209.85.175.132/search?q=cache:2rFWIR4t9yAJ:fadjarp3g.files.wordpress.c om/2007/09/aapemecahan- masalah_lpmpsemarang_.pdf+cooney+pengertian+masalah&hl=id&ct=clnk&cd=1&gl=id&client=firefox-a. Diakses tanggal 10 Februari 2009
- Polya. 1985. How to Solve It. Princeton University Press 2nd.
- Hardy. 2007. Tidak Ada Orang yang Tak Berbakat http://blezzer.blog.friendster.com/2007/0 3/. Diakses pada tanggal Februari 2009
- Hudoyo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Diknas Dirjen P2LPTK
- Hunsaker. 2007. Pemecahan Masalah. http://www.google.co.id/search?q=peme cahan+masalah&hl=id&start10&sa=N. Diakses tanggal 15 Desember 2008
- IPTI. Kurikulum Masa Depan Perlu Menggunakan Pembelajaran Pemecahan
- Masalah. http://iptpi.net/2009/01/24/kurikulum- masa-depan-perlu-menggunakan- pembelajaran-pemecahan-masalah- ditinjau-dari-sudut-pandang- mata- pelajaran-pkn/ Diakses tanggal 20 Desember 2008.
- Kesumah,W. 2008. Perbedaan, Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik. Tersedia pada: http://wijayalabs.wordpress.com/2008/06/23/perbedaan-strategi- model- pendekatan-metode-dan-teknik/. Diakses tanggal 25 Januari 2009
- Kristoforus Djawa Djong. 2005. Pembelajaran Kooerative Tipe STAD untuk Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMPK St Theresia Kupang. dalam MATHEDU Jurnal Pendidikan Matematika.
- MKPBM, TIM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.
- Mohammad Asikin. Daspros Pembelajaran Matematika. http://www.google.co.id/search?client=fi refoxa&rls=org.mozilla%3Aid%3Aoffici al&channel=s&hl=id&q=DASPROS+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA+I
- &meta=&btnG=Telusuri+dengan+Google). Diakses tanggal 10 Februari 2009.
- Mumun Syaban. Menumbuh Kembangkan Daya Matematis Siswa. http://educare.e- fkipunla.net/index.php?option=com_cont ent&task=view&id=62&Itemid=7. Diakses 10 Februari 2009.
- Mutadi. 2008. Problem Solving- Based Learning Menuju Pembelajaran Pembebasan.http://mutadi.wordpress.co m/ Diakses tanggal 10 Februari 2009
- Nasution, M.A. 1982. Berbagai Pendekatan di dalam Proses Belajar & Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
- Ruseffendi E.T.1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matemátika. Bandung. Tarsito
- Saliza. 2009. Pengaruh Pemberian Petunjuk Awal terhadap Kemampuan Siswa dalamMemecahkan Masalah Matematika di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palembang. FKIP Universitas Sriwijaya Palembang.
- Sembiring, Suwah. 2002. Olimpiade Matematika. Bandung: Yrama Widya.
- Sobel, Max. A. dan Evan M. Maletsky. 2001. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.
- Suchaiini. 2008. Pengembangan Model pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. http://suchaini.wordpress.com/2008/12/1 5/pengembangan-model-dan-perangkat-pembelajaran/ Diakses tanggal 15 Desember 2009.
- Sudrajat,A. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Tersedia pada: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/20 08/09/12/pengertian-pendekatan-strategi- metode-teknik-taktik-dan-model- pembelajaran/. Diakses tanggal 24 Januari 2009
- Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta:Dirjen Dikti
- Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICAUPI
- Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Karnisius
- Susianto, IGN Bambang. 2004. Olimpiade Matematika dengan Proses Berfikir Aljabar dan Bilangan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Syaiful Bahri Djamarah, Dras. M.ag. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
- Syaiful Bahri Djamarah, Drs. & Aswan Zain, Drs. 2006. Strategi Relajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Uno, Hamzah. B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wikipedia. 2008. Instructional Scaffolding. File///Instructionalscaffolding.htm. Diakses tanggal 5 Januari 2008.
References
Adi Nur Cahyono, M.Pd. 2008. Pengembangan Model Creative Problem Solving Berbasis Teknologi.http://pendidikansains.blogspot.com/2008/06/pengembangan-model-creative- problem.html. Diakses 15 Desember 2008
Arikunto, Suharsimi. 1987. Dasar-dasa Evaluasi Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Akasara
Cano, Juan. 2002. Scaffolding Research papers, file:///F:/Scaffolding%20Website.htm. Diakses tanggal 15 Desember2008..
Doantara yasa. 2008. Metode Pembelajaran Kooperatif. http://ipotes.wordpress.com/2008/05/10/ metode-pembelajaran-kooperatif/ Diakses tanggal 10 Februari 2009
Fadjar Shadiq, M.App.Sc. 2007. Pentingnya pemecahan Masalah. http://209.85.175.132/search?q=cache:2rFWIR4t9yAJ:fadjarp3g.files.wordpress.c om/2007/09/aapemecahan- masalah_lpmpsemarang_.pdf+cooney+pengertian+masalah&hl=id&ct=clnk&cd=1&gl=id&client=firefox-a. Diakses tanggal 10 Februari 2009
Polya. 1985. How to Solve It. Princeton University Press 2nd.
Hardy. 2007. Tidak Ada Orang yang Tak Berbakat http://blezzer.blog.friendster.com/2007/0 3/. Diakses pada tanggal Februari 2009
Hudoyo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Diknas Dirjen P2LPTK
Hunsaker. 2007. Pemecahan Masalah. http://www.google.co.id/search?q=peme cahan+masalah&hl=id&start10&sa=N. Diakses tanggal 15 Desember 2008
IPTI. Kurikulum Masa Depan Perlu Menggunakan Pembelajaran Pemecahan
Masalah. http://iptpi.net/2009/01/24/kurikulum- masa-depan-perlu-menggunakan- pembelajaran-pemecahan-masalah- ditinjau-dari-sudut-pandang- mata- pelajaran-pkn/ Diakses tanggal 20 Desember 2008.
Kesumah,W. 2008. Perbedaan, Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik. Tersedia pada: http://wijayalabs.wordpress.com/2008/06/23/perbedaan-strategi- model- pendekatan-metode-dan-teknik/. Diakses tanggal 25 Januari 2009
Kristoforus Djawa Djong. 2005. Pembelajaran Kooerative Tipe STAD untuk Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMPK St Theresia Kupang. dalam MATHEDU Jurnal Pendidikan Matematika.
MKPBM, TIM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.
Mohammad Asikin. Daspros Pembelajaran Matematika. http://www.google.co.id/search?client=fi refoxa&rls=org.mozilla%3Aid%3Aoffici al&channel=s&hl=id&q=DASPROS+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA+I
&meta=&btnG=Telusuri+dengan+Google). Diakses tanggal 10 Februari 2009.
Mumun Syaban. Menumbuh Kembangkan Daya Matematis Siswa. http://educare.e- fkipunla.net/index.php?option=com_cont ent&task=view&id=62&Itemid=7. Diakses 10 Februari 2009.
Mutadi. 2008. Problem Solving- Based Learning Menuju Pembelajaran Pembebasan.http://mutadi.wordpress.co m/ Diakses tanggal 10 Februari 2009
Nasution, M.A. 1982. Berbagai Pendekatan di dalam Proses Belajar & Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Ruseffendi E.T.1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matemátika. Bandung. Tarsito
Saliza. 2009. Pengaruh Pemberian Petunjuk Awal terhadap Kemampuan Siswa dalamMemecahkan Masalah Matematika di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palembang. FKIP Universitas Sriwijaya Palembang.
Sembiring, Suwah. 2002. Olimpiade Matematika. Bandung: Yrama Widya.
Sobel, Max. A. dan Evan M. Maletsky. 2001. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.
Suchaiini. 2008. Pengembangan Model pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. http://suchaini.wordpress.com/2008/12/1 5/pengembangan-model-dan-perangkat-pembelajaran/ Diakses tanggal 15 Desember 2009.
Sudrajat,A. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Tersedia pada: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/20 08/09/12/pengertian-pendekatan-strategi- metode-teknik-taktik-dan-model- pembelajaran/. Diakses tanggal 24 Januari 2009
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta:Dirjen Dikti
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICAUPI
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Karnisius
Susianto, IGN Bambang. 2004. Olimpiade Matematika dengan Proses Berfikir Aljabar dan Bilangan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Syaiful Bahri Djamarah, Dras. M.ag. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah, Drs. & Aswan Zain, Drs. 2006. Strategi Relajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, Hamzah. B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wikipedia. 2008. Instructional Scaffolding. File///Instructionalscaffolding.htm. Diakses tanggal 5 Januari 2008.