Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme yang valid dan praktis untuk mengajarkan konsep perbandingan trigonometri siswa kelas X SMA ; (2) mengetahui efek potensialnya terhadap kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas siswa SMA kelas X. Metode penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) field test. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 17,61 dalam interval 7 – 21 dikategorikan memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat baik. Hasil observasi menunjukkan bahwa semua indikator aktivitas berada dalam batas waktu toleransi kesesuaian artinya pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme dinyatakan efektif artinya terlaksana sesuai dengan rencana. Dari data dokumentasi disimpulkan bahwa untuk penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) telah mencapai kriteria kepraktisan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis; (2) dari hasil analisis data tes hasil belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme diketahui bahwa nilai rata-rata siswa telah mencapai 17,61 dalam kategori memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat baik. Hal ini berarti bahwa perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme yang digunakan sudah termasuk kategori efektif.


DOI: 10.22342/jpm.3.2.328

Keywords

pemahaman konsep perangkat pembelajaran konstruktivisme

Article Details

How to Cite
Nizarwati, Hartono, Y., & Aisyah, N. (2025). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME UNTUK MENGAJARKAN KONSEP PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/337

References

  1. Akker, J.v.d. 1999. Principles and Methods of Development Research. Dalam J.v.d Akker (Ed). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Depdiknas. 2003. Kurikulum dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika SLTP dan MTs. Balitbang Depdiknas. Jakarta.
  4. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas. Jakarta.
  5. Djaali. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
  6. Hamzah. 2001. Pembelajaran Matematika menurut Teori Belajar Konstruktivisme. tersedia : http:www.depdiknas.go.id/Jurnal/34/pendekatan sains tekno masyarakat. Edisi 40.htm. Diakses 21 Oktober 2008. http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/pendidikan-matematika/penerapan-model-pembelajaran-berdasarkan-masalah-problem-posing-dalam-upaya-meningkatkan- (diakses tanggal 30 oktober 2008).
  7. Martinis, 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta : Press.
  8. Muslich, Masnur. 2007. KTSP : Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.
  9. Nasoetion, N. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
  10. Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Taeching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
  11. Sa’dijah, Cholis. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU) 2(1), 111 – 122. Surabaya : Program Studi Pendidikan Matematika PPs UNESA.
  12. Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Jakarta : Kanisius.
  13. Supartono. 2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU) 2(1), 161 – 170. Surabaya : Program Studi Pendidikan Matematika PPs UNESA.
  14. Tim PPPG Matematika Yogyakarta. 2005. Materi Pembinaan Matematika. Yogyakarta : Depdiknas.
  15. Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian student teachers. Disertasi. (http://projects.edte.utwente.nl/c ascade/imei/dissertation/disertasi.html. diakses tanggal 10 Desember 2007).
  16. Zulkardi, 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang : UNSRI.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.