Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa dalam kelompok tinggi, sedang dan rendah ditinjau dari tingkat penguasaan matematika. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan tingkat penguasaan matematika dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan unit-unit penelitian ditentukan berdasarkan kelompok pembelajaran dan tingkat penguasaan matematika siswa. Kelompok pembelajaran dibedakan menjadi dua yaitu pembelajaran problem posing dan pembelajaran konvensional. Sedangkan tingkat penguasaan matematika siswa dibedakan ke dalam kelompok tinggi, sedang dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelompok tinggi dan sedang serta tinggi dan rendah. Tetapi tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelompok sedang dan rendah. (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran (Problem Posing dan Konvensional) dengan tingkat penguasaan matematika siswa dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Interaksi terjadi antara pembelajaran (PP dan KV) dengan tingkat penguasaan matematika siswa pada kelompok tinggi dan sedang serta tinggi dan rendah dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Tetapi tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (PP dan KV) dengan tingkat penguasaan matematika siswa dalam kelompok sedang dan rendah.


DOI: 10.22342/jpm.4.1.312

Keywords

kemampuan pemahaman konsep problem posing

Article Details

How to Cite
Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, H. M. D. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/355

References

  1. Abussakir. 2009. Pembelajaran Matematika Dengan Problem Posing. Tersedia di: http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-dengan-problem-posing/. (diakses tgl 18 juni 2009)
  2. Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Brown, S.I & Walter, M.I. 1993. Problem posing: Reflection and applications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
  4. Chairani, Zahra. 2007 . Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika . Tersedia di http://agus66.blogspot.com/2009/03/problem-posing-dalam- pembelajaran.html (diakses tgl 18 juni 2009 ).
  5. Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Echols dan Shadily. 1990. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
  7. Firdaus, Wildaiman. 2006.Lima mitos sesat seputar matematika. Bandung : Ponpes Al-Masudiyah. Tersedia di http ://www.pikiranrakyat. com/cetak/2006/082006/10/cakrawala/profil.html. (diakses tgl 5 Februari 2010).
  8. Herdian. 2009. Pembelajaran Dengan Problem Posing. Tersedia di: http://herdy07.wordpress.com/2009/0 4/19/model-pembelajaran-problem- posing/ (diakses tgl tgl 28 07 2009)
  9. Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  10. Pi-Jen Lin. 2004. Supporting Teachers On Designing Problem-Posing Tasks As A Tool Of Assessment To Understand Students’ Mathematical Learning. Journal of Mathematics Education Vol 3 pp 257–264. Taiwan: National Hsin-ChuTeachers College
  11. P.B, Triton. 2005. SPSS 13.0 Terapan: Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi
  12. Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Media Com.
  13. Ram, M. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Game Problem Posing. Tersedia di: http://mram507.wordpress.com (diakses tgl 30 agustus 2009).
  14. Ruseffendi, E. T. 1991. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tidak diterbitkan.
  15. Russeffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
  16. Sarbaini. 2009. Makalah Problem Posing. Tersedia di: http://alifdanhamzah.blogspot.com/20 09/05/makalah-problem-posing.html (diakses tgl 18-06-2009).
  17. Silver, E.A dan Cai, J. 1996. An Analysis of Aritmatic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research In Mathematics Education. V 27 No.5, Nov 1996 hal 521-539
  18. Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. “Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving “. Tersedia di: http://tatagyes.files.wordpress.com/200 9/11/paper04_wallascps1.pdf. (Diakses pada tanggal 10 Februari 2010)
  19. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  20. Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  21. Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan penalaran matematika siswa sekolah menengah atas dikaitkan dengan kemampuan penalaran logik siswa dan beberapa unsur proses belajar mengajar. Disertasi PPS IKIP (Tidak dipublikasikan)
  22. Sutiarso, Sugeng. 2000. Problem Possing: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia di: http://nursalam-uin.blogspot.com/2008_07_01_archiv e.html (diakses 13 Desember 2009)
  23. Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA- Universitas Pendidikan Indonesia
  24. TIM PPPG Matematika Yogyakarta. 2005. Materi Pembinaan Matematika SMP di Daerah Yogyakarta. Depdiknas
  25. Xiaogang Xia. 2008. Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education December, Vol. 1, No. 1, pp.153-163. China: Guizhou Normal University
  26. Yuniar. 2006. Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran Di Kelas XI Program IPA SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis: Tidak Diterbitkan.
  27. Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.