Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XITKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga dikelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010.


DOI: 10.22342/jpm.4.1.307

Keywords

aplikasi learning cycle penelitian tindakan kelas

Article Details

How to Cite
Sulastri, E., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOKBAHASAN DIMENSI TIGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS XI TKJ 1 SMKN 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/349

References

  1. Abdurahman, M. (2000). Matematika SMK Tingkat 2. Bandung: Amrico
  2. Alamsyah, M.K. dkk. (2006). Matematika SMK Tingkat 2. Bandung: Armico
  3. Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://muhlis.files.wordpress.com/2008/05/ ptk-ok-suharsini-arikunto.pdf) [10 Januari 2010]
  4. Diknas (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Djaali dan Pudji Muljono, (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Grasindo
  6. Fajaroh, Fauziatul. (2008). Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). (http://massofa.wordpress.com/2008/01/06/ pembelajaran-dengan-model-siklus-belajar- learning-cycle/)[2 Desember 2009]
  7. Garcia, G., Higueras, F.J.yR. dan Luisa. (2004). Mathematical Praxeologies of Increasing Complexity: Variation Systems Modelling in Secondary Education. (http://www.cerme4.crm.es/papers%definiti us/13/GarciaRuiz). [6 Januari 2010]
  8. Kasmina, dkk. (2006). Matematika SMK Tingkat 2. Jakarta: Erlangga
  9. Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press
  10. Lorsbach, Anthony W. The Learning Cycle`as tool for Planing Science Instruction (http://www.coe.iltsu.edu/scienceed/lorsbach/275Ircy.htm). [2 Desember 2009]
  11. Lawson, A. E. (1998). Science Teaching and The Development of Thinking. Wadsworth Publishing Company
  12. Permen Diknas. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta
  13. Simon, Martin A. (1992). Learning Mathematics and Learning to Teach: Learning Cycles in Mathematics Teacher Education. Penn State University (http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/custom/portlets/recordDetails/detailmini.jsp?_nfpb=true&_&ERICExtSearch_SearchValue_0=ED349174&ERICExtSearch_Sear chType_0=no&accno=ED349174). [2 Januari 2010]
  14. Sudrajat, Akhmad (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan ModelPembelajaran. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/200 8/09/12/pengertian-pendekatan-strategi- metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran/). [2 Januari 2010]
  15. Sutrisno, Joko. (2002). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam geometri Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok. Tesis. PPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan
  16. Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
  17. Taufiq. (2009). Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik Deduktif, Pemahaman Konsep, Keterampilan Generik Sains Dan Keseimbangan Benda Tegar. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan
  18. Tim Penyusun, (2009). Pedoman Umum Format Penulisan Tesis/Disertasi Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya. Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Palembang
  19. Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
  20. Zulkardi, (2006). Formatif Evaluation : What, Why, When, and How. (On Line). (http://www.geocities.com/zulkardi/books.h tml). [02 April 2010]

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.