Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika melalui cooperative learning sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan soal-soal kontekstual di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI. (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam cooperative learning sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal kontekstual di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI, (3) meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan soal-soal kontekstual melalui cooperative learning di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 39 orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal kontekstual di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI.


DOI: 10.22342/jpm.3.1.320

Keywords

cooperative learning soal kontekstual

Article Details

How to Cite
Munaka, F., Zulkardi, & Purwoko. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MELALUI COOPERATIVE LEARNING DI KELAS VIII1 SMP NEGERI 2 PEDAMARAN OKI. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/325

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar penilaian buku pelajaran matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Departemen Pendidikan Nasional.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.
  3. Hadi. 2003. Paradigma baru pendidikan matematika. Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kabupaten Tapin, 30 April 2003.
  4. Hernowo. 2006. Menjadi guru yang mau dan mampu mengajar secara menyenangkan. Bandung: MLC.
  5. Johnsoan. 2007. Contextual teaching and learning. Bandung: MLC.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.