Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika melalui cooperative learning sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan soal-soal kontekstual di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI. (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam cooperative learning sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal kontekstual di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI, (3) meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan soal-soal kontekstual melalui cooperative learning di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 39 orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal kontekstual di kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI.
DOI: 10.22342/jpm.3.1.320
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2009 Fitrianty Munaka, Zulkardi, Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar penilaian buku pelajaran matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Departemen Pendidikan Nasional.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.
- Hadi. 2003. Paradigma baru pendidikan matematika. Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kabupaten Tapin, 30 April 2003.
- Hernowo. 2006. Menjadi guru yang mau dan mampu mengajar secara menyenangkan. Bandung: MLC.
- Johnsoan. 2007. Contextual teaching and learning. Bandung: MLC.
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar penilaian buku pelajaran matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.
Hadi. 2003. Paradigma baru pendidikan matematika. Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kabupaten Tapin, 30 April 2003.
Hernowo. 2006. Menjadi guru yang mau dan mampu mengajar secara menyenangkan. Bandung: MLC.
Johnsoan. 2007. Contextual teaching and learning. Bandung: MLC.