Main Article Content

Abstract

Tesis ini berjudul ”Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Rumusan Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana mengembangkan soal matematika SMP model PISA pada konten Quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX yang valid dan praktis? Dan bagaimana efek potensial soal matematika model PISA pada konten Quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lubuklinggau? Penelitian dalam tesis ini mengembangkan soal model PISA pada konten Quantity yang berfokus pada kebutuhan untuk kuantifikasi. Aspek penting meliputi pemahaman ukuran relatif, pengakuan pola numerik, dan kemampuan untuk menggunakan angka untuk mewakili atribut kuantitatif objek dunia nyata. Soal didesain berdasarkan framework soal PISA dan diadaptasikan dengan kurikulum KTSP yang digunakan di SMPN 1 Lubuklinggau dengan memperhatikan indikator penalaran matematis. Soal dikembangkan dalam dua tahap dua tahap yaitu preliminary dan tahap formatif evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews dan one-to-one (low resistance to revision) dan small group serta field test (hight resistance in revision). Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah soal model PISA pada konten Quantity dengan teknik pengumpulan data berdasarkan walkthrough, dan analisis dokumen. Setelah melalui tahap one-to-one, small group dan validasi secara deskriptif kuantitatif, soal diujicobakan pada tahp field test di kelas IX 4 SMPN 1 Lubuklinggau. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rat kemampuan penalaran matematis 30,43, termasuk pada kategori kemampuan penalaran matematis yang cukup, walaupun masih ada beberapa siswa yang masuk pada kategori kurang. Terlihat bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal model PISA pada konten Quantity masih belum begitu baik. Hanya sebagian siswa saya yang bisa menggunakan kemampuan penalaran matematisnya untuk menyelesaikan smasalah yang diberikan pada soal tersebut. Namun dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal model PISA pada konten Quantity telah memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

DOI: 10.22342/jpm.5.1.333

Keywords

Soal matematika PISA Quantity Kemampuan penalaran

Article Details

How to Cite
Anisah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2025). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN QUANTITY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/312

References

  1. Brodie, Karin dkk.(2009). Teaching Mathematical Reasoning Secondary School Classroom. The Open University.
  2. Hayat, Bahrul dan Yusuf, Suhendra.(2010). Mutu Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
  3. OECD (2003). The PISA 2003 Assessment framework: Mathematics, reading scienceand problem solving knowledge and skills. Paris. https://www.pisa.oecd.org/dataoecd/38/51/33707192.pdf
  4. Shadiq, Fajar.(2004). Penalaran, Pemecahan masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajaran matematika. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar tanggal 10 s.d. 23 Oktober 2004.
  5. Shiel, Gerry, R. Perkins, S. Close, and E. Oldham. (2007). PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Stationery Office. Dublin
  6. Stacey, Kaye.(2010). The PISA view of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematic Education(IndoMS-JME). July, 2011, Volume 2. (online)
  7. Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB, Oktober 2003.
  8. Tessmer, Martin. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London. Kogan page.
  9. Van den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. In J. vanden Akker, N. Nieveen, R. M. Branch, K. L. Gustafson, & T. Plomp, (Eds.), Design methodology and developmental research in education and training (pp. 1-14). The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.