Main Article Content
Abstract
Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) saat ini sedang berbenah dari keterpurukannya setelah didera konflik hampir 30 tahun dan disusul dengan bencana alam gempa dan tsunami. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan suatu model pembelajaran yang memanfaatkan realitas dan nilai-nilai Islami serta mengoptimalkan keaktifan siswa. Model ini dikenal dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik menuju Aceh Madani (Model PM-RAHMA). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk memperoleh model PM-RAHMA yang memenuhi kriteria valid. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan model pembelajaran ini adalah tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, dan tahap tes, evaluasi, dan revisi. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh buku panduan tentang model PM-RAHMA beserta perangkatnya yang memenuhi kriteria valid. Adapun sintaks model PM- RAHMA adalah (1) orientasi, (2) penyajian masalah real yang bernuansa Islami, (3) pemahaman masalah real secara individu, (4) Diskusi kelompok tentang masalah real, (5) presentasi hasil diskusi kelompok, dan (6) evaluasi dan penguatan. Sedangkan perangkat yang diperoleh adalah buku siswa, Lembar Kerja Siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan tes hasil belajar.
DOI: 10.22342/jpm.3.1.322
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2009 Rahmah Johar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Banta, Teuku Alamsyah (2005) Efektivitas Pengelolaan Dana Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam. Makalah Disampaikan pada Diskusi Panel Nasional “Recovery Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam”, Forum Mahasiswa Pascasarjana Aceh Malang, di Malang pada Tanggal 18-19 Juni 2005.
- Marpaung, Y. (2003). Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah Disampaikan pada Seminar Pendidikan Matematika, USD Yogyakarta Tanggal 23-24 Februari 2003.
- Plomp, T. (1997). Educational and Training System Design. Enschede. Univercity of Twente: Netherlands:
- Sanaky, Hujair, AH. (2003) Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safria Insani Press.
- Soedjadi (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di FMIPA UNESA, 24 Februari 2001.
References
Banta, Teuku Alamsyah (2005) Efektivitas Pengelolaan Dana Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam. Makalah Disampaikan pada Diskusi Panel Nasional “Recovery Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam”, Forum Mahasiswa Pascasarjana Aceh Malang, di Malang pada Tanggal 18-19 Juni 2005.
Marpaung, Y. (2003). Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah Disampaikan pada Seminar Pendidikan Matematika, USD Yogyakarta Tanggal 23-24 Februari 2003.
Plomp, T. (1997). Educational and Training System Design. Enschede. Univercity of Twente: Netherlands:
Sanaky, Hujair, AH. (2003) Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safria Insani Press.
Soedjadi (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di FMIPA UNESA, 24 Februari 2001.