Main Article Content

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efek potensial terhadap guru-guru matematika di Palembang setelah mengikuti pelatihan PMRI, yang dilihat dari (1) Apa reaksi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta telah mengerti terhadap apa yang dipelajari selama pelatihan? Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah: seluruh peserta pelatihan PMRI yang terdiri dari 100 orang guru dari 15 SD dan 2 MIN di Sumatera Selatan. Alat pengumpul data adalah Angket terbuka dan tertutup untuk mengukur reaksi dan kepuasan peserta pelatihan PMRI, tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, serta simulasi di depan kelas. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil angket terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada peserta sebanyak 100 eksemplar sebagai sampel dapat diketahui 100% program pelatihan yang telah dilaksanakan relevan/sesuai dengan kebutuhan guru, 100% materi yang disajikan juga sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas guru di sekolah. 100% peserta pelatihan sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan serta membutuhkan kelanjutan dari pelatihan PMRI, dan menyarankan untuk yang akan datang lebih banyak guru yang dilibatkan. Hasil evaluasi terhadap peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan mampu menyelesaikan materi yang diberikan dengan baik, serta mampu mengajarkan materi di depan peserta pelatihan dengan baik.


DOI: 10.22342/jpm.3.2.330

Keywords

pelatihan PMRI potensial efek

Article Details

How to Cite
Putri, R. I. I. (2025). EFEK POTENSIAL PELATIHAN PMRI TERHADAP GURU-GURU MATEMATIKA DI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/342

References

  1. Arikunto, S., Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.
  2. Glass, G. V. & Stanley, J. C. (1969). Statistical Methods in Education and Psychology. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.
  3. Joint Committee on Standards for Educational Evaluation., Standards for Evaluation of Educational Program, Project, and Materials. New York: McGraw-Hill. 1981.
  4. Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J.D., Evaluating Training Program. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers,Inc. 2006.
  5. Provus. (1971). The Discrepancy Evaluation Model. (http://Scholar.lib.vt.edu/ Ejournals/JTE/V2N2/html/house.html).
  6. Rutman, L. (1980). Planning Useful Evaluation: Evaluability Assessment. Newbury Park, CA: Sage Publisher.
  7. Scriven, M . The Methodology of Evaluation (1967). Dalam R Tyler (ed), Perspective of Curriculum Evaluation. AERA Monobraph Series on Curriculum Evaluation (No.1) Skokie, IL : Rand Mc Nally.
  8. Spradley, P. James. (1990). Participant Observation. New York: Holt Renihart and Winston.
  9. Stufflebeam, D. L. & A. J. Shinkfield. (1985). Systematic Evaluation: A Self-instructional Guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Puslishing.
  10. Stufflebeam, Daniel L. et al. (1971). Educational Evaluation and Decision Making. Itaca, Illinois: F. E. Peacock.
  11. Sudjana, Nana., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1995.
  12. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  13. Zulkardi., Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. The Nederlands. 2002

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.