Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Penelitian ini melibatkan kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 38 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, siklus pertama berkaitan dengan materi kubus dan balok, hasil tes siklus pertama, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 66 sudah di atas nilai KKM 60, tapi hanya 18 siswa yang mendapat nilai ³ 60 artinya ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 60%. Siklus kedua berkaitan dengan materi prisma dan limas, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 76 sudah di atas nilai KKM 60 dan siswa yang mendapat nilai ³ 60 sudah mencapai 89%, artinya sudah tuntas secara klasikal.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok.
DOI: 10.22342/jpm.4.1.309
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2010 Lela Anggraini, Rusdy A Siroj, Ratu Ilma Indra Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Abeefatihazzuri. 2010. Model Pembelajaran Investigasi. (Online). http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1964875-model-pembelajaran-investigasi/. (diakses 7 januari 2010).
- Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
- BSNP. 2010. Standar Isi. (Online). http://bsnp- indonesia.org/id/?page_id=103/. (diakses 16 Desember 2009).
- Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (MTK-26: Model-model Pembelajaran Matematika). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
- Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (MTK-32: Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
- Djaali dan Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
- Krisna. 2009. Pengertian Dan Ciri-ciri Pembelajaran. (Online). http://krisna1.blog.uns. ac.id/2009 /10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/. (diakses 5 Januari 2010).
- Polya. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton UniversityPress.
- Riduwan.. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
- Robertusmargana.2009. Proses dan Strategi Pemecahan Masalah. (Online). http://4.25.3. 32/search?q=cache:EtKvb77XwWYJ:robertmath 4edu.wordpress.com/2009/01/15/proses-dan- strategi-pemecahan- masalah/+langkahlangkah+dalam+menyelesaikan+soal+pemecahan+masalah&cd=7&hl=id&ct=cln k&gl=id&client=firefox-a. (diakses 26 Desember 2009).
- Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. PPPG Matematika Yokyakarta 2006.
- Shadiq, Fadjar. 2009. Apa dan Mengapa Matematika Begitu Penting?. (Online). http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2009/10/09-apamat_limas_.pdf . (diakses4Januari 2010.
- Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan komunikasi dalam Pembelajaran Matemátika. PPPG Matematika Yokyakarta 2004.
- Slavin. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
- Soppeng, Syarif. 2009. Model Pembelajaran Investigasi dalam Pembelajaran
- Matematika .(Online). http://www.psb- psma.org/content/blog/model-investigasi-dalam-pembelajaran-matematika. (diakses 16 Desember 2009).
- Surianta, I Made. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type STAD dengan Media VCD. (Online). http://disdikklungkung.net/index2.php?opti on=com_conten t&task=emailform&id=73&itemid=46. (diakses 5 Januari 2010).
- Sutrisno, Joko. 2001. Penguasaan Konsep dan Prinsip serta kemampuan Pemecahan
- Masalah Siswa dalam Geometri Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Studi Eksperimen di SLTP Negeri 4 Kodya Bandar Lampung). Proposal Penelitian. Bandung: PPS UPI Bandung..(Online). http://74.125.153. 132/search?q=cache:qF6J2Ea4kNsJ:www.scribd.com/doc/16862558/ProposalJoko+contoh+proposal+investigasi+kelompok+penelitian+experimen&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. (diakses 16 desember 2009).
- Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Wardhani, Sri.2006. Permasalahan Pembelajaran dan Penilaian Kemahiran Matematika SMP. PPPG Matematika Yokyakarta 2006.
- Yahya, HalimFathani. 2009. Memahami Kembali Definisi dan DeskripsiMatematika. (Online). http://masthoni.wordpress.com/2009/07/12/ melihat-kembali-definisi-dan-deskripsi- matematika/. (diakses 5 Januari10).
- Yasa, Doantara. 2008. Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation(GI) (Online).http://74.125.153.132/search?q=cache:kW9RbrkxSBgJ:ipotes.wordpress.com/2008/0 4/28/pembelajaran-kooperatif-tipe-group- investigation-gi/+tahap- tahap+investigasi+kelompok+dalam+matemat ika&cd=8&hl=id& ct=clnk&gl=id (diakses 31 Desember 2009).
- Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities. com/zulkardi/books.html. (diakses 29 Mei 2010).
References
Abeefatihazzuri. 2010. Model Pembelajaran Investigasi. (Online). http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1964875-model-pembelajaran-investigasi/. (diakses 7 januari 2010).
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
BSNP. 2010. Standar Isi. (Online). http://bsnp- indonesia.org/id/?page_id=103/. (diakses 16 Desember 2009).
Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (MTK-26: Model-model Pembelajaran Matematika). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (MTK-32: Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Djaali dan Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Krisna. 2009. Pengertian Dan Ciri-ciri Pembelajaran. (Online). http://krisna1.blog.uns. ac.id/2009 /10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/. (diakses 5 Januari 2010).
Polya. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton UniversityPress.
Riduwan.. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Robertusmargana.2009. Proses dan Strategi Pemecahan Masalah. (Online). http://4.25.3. 32/search?q=cache:EtKvb77XwWYJ:robertmath 4edu.wordpress.com/2009/01/15/proses-dan- strategi-pemecahan- masalah/+langkahlangkah+dalam+menyelesaikan+soal+pemecahan+masalah&cd=7&hl=id&ct=cln k&gl=id&client=firefox-a. (diakses 26 Desember 2009).
Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. PPPG Matematika Yokyakarta 2006.
Shadiq, Fadjar. 2009. Apa dan Mengapa Matematika Begitu Penting?. (Online). http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2009/10/09-apamat_limas_.pdf . (diakses4Januari 2010.
Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan komunikasi dalam Pembelajaran Matemátika. PPPG Matematika Yokyakarta 2004.
Slavin. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
Soppeng, Syarif. 2009. Model Pembelajaran Investigasi dalam Pembelajaran
Matematika .(Online). http://www.psb- psma.org/content/blog/model-investigasi-dalam-pembelajaran-matematika. (diakses 16 Desember 2009).
Surianta, I Made. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type STAD dengan Media VCD. (Online). http://disdikklungkung.net/index2.php?opti on=com_conten t&task=emailform&id=73&itemid=46. (diakses 5 Januari 2010).
Sutrisno, Joko. 2001. Penguasaan Konsep dan Prinsip serta kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa dalam Geometri Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Studi Eksperimen di SLTP Negeri 4 Kodya Bandar Lampung). Proposal Penelitian. Bandung: PPS UPI Bandung..(Online). http://74.125.153. 132/search?q=cache:qF6J2Ea4kNsJ:www.scribd.com/doc/16862558/ProposalJoko+contoh+proposal+investigasi+kelompok+penelitian+experimen&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. (diakses 16 desember 2009).
Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wardhani, Sri.2006. Permasalahan Pembelajaran dan Penilaian Kemahiran Matematika SMP. PPPG Matematika Yokyakarta 2006.
Yahya, HalimFathani. 2009. Memahami Kembali Definisi dan DeskripsiMatematika. (Online). http://masthoni.wordpress.com/2009/07/12/ melihat-kembali-definisi-dan-deskripsi- matematika/. (diakses 5 Januari10).
Yasa, Doantara. 2008. Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation(GI) (Online).http://74.125.153.132/search?q=cache:kW9RbrkxSBgJ:ipotes.wordpress.com/2008/0 4/28/pembelajaran-kooperatif-tipe-group- investigation-gi/+tahap- tahap+investigasi+kelompok+dalam+matemat ika&cd=8&hl=id& ct=clnk&gl=id (diakses 31 Desember 2009).
Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities. com/zulkardi/books.html. (diakses 29 Mei 2010).