Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Penelitian ini melibatkan kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 38 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, siklus pertama berkaitan dengan materi kubus dan balok, hasil tes siklus pertama, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 66 sudah di atas nilai KKM 60, tapi hanya 18 siswa yang mendapat nilai ³ 60 artinya ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 60%. Siklus kedua berkaitan dengan materi prisma dan limas, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 76 sudah di atas nilai KKM 60 dan siswa yang mendapat nilai ³ 60 sudah mencapai 89%, artinya sudah tuntas secara klasikal.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok.


DOI: 10.22342/jpm.4.1.309

Keywords

investigasi kelompok kemampuan pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
Anggraini, L., Siroj, R. A., & Putri, R. I. I. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 27 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/352

References

  1. Abeefatihazzuri. 2010. Model Pembelajaran Investigasi. (Online). http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1964875-model-pembelajaran-investigasi/. (diakses 7 januari 2010).
  2. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. BSNP. 2010. Standar Isi. (Online). http://bsnp- indonesia.org/id/?page_id=103/. (diakses 16 Desember 2009).
  4. Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (MTK-26: Model-model Pembelajaran Matematika). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
  5. Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (MTK-32: Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
  6. Djaali dan Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
  7. Krisna. 2009. Pengertian Dan Ciri-ciri Pembelajaran. (Online). http://krisna1.blog.uns. ac.id/2009 /10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/. (diakses 5 Januari 2010).
  8. Polya. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton UniversityPress.
  9. Riduwan.. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
  10. Robertusmargana.2009. Proses dan Strategi Pemecahan Masalah. (Online). http://4.25.3. 32/search?q=cache:EtKvb77XwWYJ:robertmath 4edu.wordpress.com/2009/01/15/proses-dan- strategi-pemecahan- masalah/+langkahlangkah+dalam+menyelesaikan+soal+pemecahan+masalah&cd=7&hl=id&ct=cln k&gl=id&client=firefox-a. (diakses 26 Desember 2009).
  11. Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. PPPG Matematika Yokyakarta 2006.
  12. Shadiq, Fadjar. 2009. Apa dan Mengapa Matematika Begitu Penting?. (Online). http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2009/10/09-apamat_limas_.pdf . (diakses4Januari 2010.
  13. Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan komunikasi dalam Pembelajaran Matemátika. PPPG Matematika Yokyakarta 2004.
  14. Slavin. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
  15. Soppeng, Syarif. 2009. Model Pembelajaran Investigasi dalam Pembelajaran
  16. Matematika .(Online). http://www.psb- psma.org/content/blog/model-investigasi-dalam-pembelajaran-matematika. (diakses 16 Desember 2009).
  17. Surianta, I Made. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type STAD dengan Media VCD. (Online). http://disdikklungkung.net/index2.php?opti on=com_conten t&task=emailform&id=73&itemid=46. (diakses 5 Januari 2010).
  18. Sutrisno, Joko. 2001. Penguasaan Konsep dan Prinsip serta kemampuan Pemecahan
  19. Masalah Siswa dalam Geometri Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Studi Eksperimen di SLTP Negeri 4 Kodya Bandar Lampung). Proposal Penelitian. Bandung: PPS UPI Bandung..(Online). http://74.125.153. 132/search?q=cache:qF6J2Ea4kNsJ:www.scribd.com/doc/16862558/ProposalJoko+contoh+proposal+investigasi+kelompok+penelitian+experimen&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. (diakses 16 desember 2009).
  20. Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
  21. Wardhani, Sri.2006. Permasalahan Pembelajaran dan Penilaian Kemahiran Matematika SMP. PPPG Matematika Yokyakarta 2006.
  22. Yahya, HalimFathani. 2009. Memahami Kembali Definisi dan DeskripsiMatematika. (Online). http://masthoni.wordpress.com/2009/07/12/ melihat-kembali-definisi-dan-deskripsi- matematika/. (diakses 5 Januari10).
  23. Yasa, Doantara. 2008. Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation(GI) (Online).http://74.125.153.132/search?q=cache:kW9RbrkxSBgJ:ipotes.wordpress.com/2008/0 4/28/pembelajaran-kooperatif-tipe-group- investigation-gi/+tahap- tahap+investigasi+kelompok+dalam+matemat ika&cd=8&hl=id& ct=clnk&gl=id (diakses 31 Desember 2009).
  24. Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities. com/zulkardi/books.html. (diakses 29 Mei 2010).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.