Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal pemecahan masalah berbasis argumen yang valid dan praktis pada pokok bahasan pecahan, bangun datar dan bangun ruang untuk siswa kelas V SD serta untuk mengetahui efek potensial soal yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 79 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 79 Palembang sebanyak 35 orang. Pengumpulan data melalui walkthrough, lembar kepraktisan dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan produk soal pemecahan masalah berbasis argumen pada pokok bahasan pecahan, bangun datar dan bangun ruang untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten, konstruk dan bahasa. Praktis tergambar dari hasil uji coba siswa kelompok kecil dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan, dan memiliki efek potensial yang cukup baik hal ini terlihat dengan munculnya argumen-argumen siswa dalam menyelesaikan soal tes, dan rata-rata dua kali tes mencapai 65,03 dengan kategori cukup baik. Artinya soal yang dikembangkan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

DOI: 10.22342/jpm.5.2.582.

Keywords

Penelitian Pengembangan Soal pemecahan masalah berbasis argumen

Article Details

How to Cite
Hartatiana, H., & Darmawijoyo, D. (2025). PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERBASIS ARGUMEN UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 79 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/331

References

  1. Akker, J, Van den, (1999), Principle and Methods of Development Research. In:J.Van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht: Kluwer.
  2. Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
  3. As’ari, A. R. 1999. Pengaruh Keterlibatan Dalam Proses Penyelesaian Masalah dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Diploma Dua Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Malang. Tesis Program Pascasarjana IKIP Malang. Tidak diterbitkan.
  4. Bahri, S. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
  5. Depdiknas. 2006. Model Penilainan Kelas. Direktorat Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
  6. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Balitbang Depdiknas, Jakarta.
  7. Kennedy, L. M. and S. Tipps. 1994. Guiding Children’s Learning of Mathematics (7th edition). Wadworth Publishing Company, Belmont, California.
  8. Killpatrick, J. and Jane Swafford. 2002. Helping Children Learn Mathematics.National Academy Press, Washington DC.
  9. Krathwoll, D. R. 2002. A revision of Bloom’s Taxonomy : an Overview Theory Into Practise. College of Education, Ohio State University.
  10. Musser, G. L. And W. F. Burger. 1994. Mathematics for Elementary Teachers. Macmillan College Publishing Company. Inc, New York, USA.
  11. Nasoetion, N. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta.
  12. Polya, G. (1973). How To Solve It. A New Aspect of Mathematic Method (2nd edition). Princeton University Press, Princeton, New jersey.
  13. Purwanto, N. 1994. Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  14. Shodik, F. 2004. Pemecahan Masalah dan Komunikasi Dalam Pendidikan Matematika. Diknas PPPG Matematika, Yogyakarta.
  15. Sobel, M.A. and E. M. Maletsky. 2002. Mengajar Matematika. Sebuah Buku sumber Alat Peraga, aktivitas dan Strategi. Terjemahan Oleh: Dr. Suyono, M. Sc. Erlangga, Jakarta.
  16. Sovchik, R. J. 1996. Teaching Mathematics to Children (2nd edition). Hamer Collins College Publisher, New York, USA.
  17. Suandito, B. 2009. Pengembangan Soal-soal Nonrutin di SMA Xaverius 4 Palembang. Tesis Program Pascasarjana UNSRI. Tidak diterbitkan.
  18. Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas pendidikan Indonesia, Bandung.
  19. Saputra, R. H. 2007. 18 Strategi Pemecahan Masalah Sekolah Dasar. Literatur Media Sukses, Jakarta.
  20. Tessmmer. M. 1993. Planning and conducting formative evaluation. London, Philadelphia : Kogan Page (http://library.thinkquest.org/25459/learn ing/problem diakses tanggal 23 Maret 2010.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.