Main Article Content

Abstract

Berbagai jenis tes yang diselenggarakan secara internasional bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan sejauh mana siswa kita mampu bersaing dalam era globalisasi. Keterlibatan Indonesia dalam Program for International Student Assessment (PISA) adalah dalam upaya melihat sejauh mana program pendidikan di negara kita berkembang dibanding negara-negara lain di dunia. PISA menggunakan pendekatan literasi yang inovatif, suatu konsep belajar yang berkaitan dengan kapasitas para siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran kunci disertai dengan kemampuan untuk menelaah, memberi alasan dan mengomunikasikannya secara efektif, serta memecahkan dan menginterpretasikan permasalahan dalam berbagai situasi. Konsep belajar dalam PISA berhubungan dengan konsep belajar sepanjang hayat, yaitu konsep belajar yang tidak membatasi pada penilaian kompetensi siswa sesuai dengan kurikulum dan konsep lintas kurikulum, melainkan juga motivasi belajar, konsep diri mereka sendiri, dan strategi belajar yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal Matematika model PISA pada konten Uncertainty untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Menengah Pertama yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan walkthrough, dokumen, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMPN 2 Lahat yang berjumlah 28 orang, dengan kesimpulan (1) prototype soal yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis, (2) Berdasarkan proses pengembangan diperoleh bahwa prototype soal yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 2 Lahat. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa dengan rata-rata 56.54 dengan kategori cukup. Oleh karena itu soal-soal yang dikembangkan dapat digunakan.

DOI: 10.22342/jpm.5.1.335

Keywords

Soal Matematika PISA Uncentainty Kemampuan Pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
Silva, E. Y., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2025). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN UNCERTAINTY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/314

References

  1. Hayat, B. dan Yusuf, S. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Harini, Fina Listiana. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2005/2006 pada Pokok Bahasan Segiempat. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
  3. OECD. PISA 2009 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/4 4455820.pdf.(diakses 12 Oktober 2010)
  4. Syaban, M. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa. (Online)
  5. Shiel, Gerry dkk. 2007. PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Stationery Office. D
  6. Stacey, Kaye. 2010. The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME). July, 2011, Volume 2. (online)
  7. Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page
  8. Van De Walle. 2008 .Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Edisi keenam. Jakarta: Erlangga
  9. Van den Akker, J. 1999. Principles and Methods of development Research. In J. Van den Akker, N. Nieveen, R. M. Branch, K.L. Gustafson, & T. Plomp, (Eds.), Design Methodology and Development Research in Education and Training (pp. 1-14). The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
  10. Wardhani, Sri. 2005. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konse, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jogjakarta: Materi Pembinaan matematika SMP di Daerah Tahun 2005 (PPPG Matematika).
  11. Yunengsih, Yuyun. 2008 . Ujian Nasional: Dapatkah Menjadi Tolak Ukur Standar Nasional Pendidikan (Hasil Kajian Ujian Nasional Matematika pada Sekolah Menengah Pertama). Jakarta: Sampoerna Foundation

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.