Main Article Content
Abstract
Berbagai jenis tes yang diselenggarakan secara internasional bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan sejauh mana siswa kita mampu bersaing dalam era globalisasi. Keterlibatan Indonesia dalam Program for International Student Assessment (PISA) adalah dalam upaya melihat sejauh mana program pendidikan di negara kita berkembang dibanding negara-negara lain di dunia. PISA menggunakan pendekatan literasi yang inovatif, suatu konsep belajar yang berkaitan dengan kapasitas para siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran kunci disertai dengan kemampuan untuk menelaah, memberi alasan dan mengomunikasikannya secara efektif, serta memecahkan dan menginterpretasikan permasalahan dalam berbagai situasi. Konsep belajar dalam PISA berhubungan dengan konsep belajar sepanjang hayat, yaitu konsep belajar yang tidak membatasi pada penilaian kompetensi siswa sesuai dengan kurikulum dan konsep lintas kurikulum, melainkan juga motivasi belajar, konsep diri mereka sendiri, dan strategi belajar yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal Matematika model PISA pada konten Uncertainty untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Menengah Pertama yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan walkthrough, dokumen, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMPN 2 Lahat yang berjumlah 28 orang, dengan kesimpulan (1) prototype soal yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis, (2) Berdasarkan proses pengembangan diperoleh bahwa prototype soal yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 2 Lahat. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa dengan rata-rata 56.54 dengan kategori cukup. Oleh karena itu soal-soal yang dikembangkan dapat digunakan.
DOI: 10.22342/jpm.5.1.335
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2011 Evy Yosita Silva, Zulkardi, Darmawijoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Hayat, B. dan Yusuf, S. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Harini, Fina Listiana. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2005/2006 pada Pokok Bahasan Segiempat. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
- OECD. PISA 2009 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/4 4455820.pdf.(diakses 12 Oktober 2010)
- Syaban, M. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa. (Online)
- Shiel, Gerry dkk. 2007. PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Stationery Office. D
- Stacey, Kaye. 2010. The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME). July, 2011, Volume 2. (online)
- Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page
- Van De Walle. 2008 .Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Edisi keenam. Jakarta: Erlangga
- Van den Akker, J. 1999. Principles and Methods of development Research. In J. Van den Akker, N. Nieveen, R. M. Branch, K.L. Gustafson, & T. Plomp, (Eds.), Design Methodology and Development Research in Education and Training (pp. 1-14). The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
- Wardhani, Sri. 2005. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konse, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jogjakarta: Materi Pembinaan matematika SMP di Daerah Tahun 2005 (PPPG Matematika).
- Yunengsih, Yuyun. 2008 . Ujian Nasional: Dapatkah Menjadi Tolak Ukur Standar Nasional Pendidikan (Hasil Kajian Ujian Nasional Matematika pada Sekolah Menengah Pertama). Jakarta: Sampoerna Foundation
References
Hayat, B. dan Yusuf, S. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Harini, Fina Listiana. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2005/2006 pada Pokok Bahasan Segiempat. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
OECD. PISA 2009 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/4 4455820.pdf.(diakses 12 Oktober 2010)
Syaban, M. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa. (Online)
Shiel, Gerry dkk. 2007. PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Stationery Office. D
Stacey, Kaye. 2010. The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME). July, 2011, Volume 2. (online)
Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page
Van De Walle. 2008 .Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Edisi keenam. Jakarta: Erlangga
Van den Akker, J. 1999. Principles and Methods of development Research. In J. Van den Akker, N. Nieveen, R. M. Branch, K.L. Gustafson, & T. Plomp, (Eds.), Design Methodology and Development Research in Education and Training (pp. 1-14). The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Wardhani, Sri. 2005. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konse, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jogjakarta: Materi Pembinaan matematika SMP di Daerah Tahun 2005 (PPPG Matematika).
Yunengsih, Yuyun. 2008 . Ujian Nasional: Dapatkah Menjadi Tolak Ukur Standar Nasional Pendidikan (Hasil Kajian Ujian Nasional Matematika pada Sekolah Menengah Pertama). Jakarta: Sampoerna Foundation