Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendapatkan produk berupa alat peraga yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam mengajarkan materi logika matematika (2) melihat efek potensial alat peraga terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran logika matematika. (3) melihat efek potensial alat peraga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran logika matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Palembang sebanyak 39 orang. Pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk berupa alat peraga yang valid dan praktis. (2) alat peraga yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap keaktifan, dan (3) alat peraga tersebut memiliki efek positif terhadap hasil belajar siswa , hal ini terlihat dengan adanya korelasi yang cukup positif antara keaktifan dengan hasil belajar, dan nilai ketuntasan siswa mencapai 78,38 %.
DOI: 10.22342/jpm.4.1.308
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2010 Eni Yulianti, Zulkardi, Rusdy A Siroj

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Akker,J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development Research. In: J.Van den Akker, R Branch, K. Gustafson, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht: Kluwer.
- Arif Suryawan. 2009. Rangkaian Listrik Dasar. Diakses tanggal 14 Januari 2010
- Arsyat, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
- Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
- Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. London : Falmer.
- Fadilah, Kismet ,Ilmu Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung : 2006
- Faizur Romzah. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas III SD( Tugas Akhir D- II PGKSD UNNES ). Diakses tanggal 26 Desember 2009
- Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja
- Rosdikarya Kasmina, dkk, 2008. Matematika untuk SMK, Jakarta: Erlangga
- Pujiati .2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP.
- PPPPTK Matematika. Yogyakarta Ruseffendi . 2005. Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Edisi Ke Lima. Bandung : Tarsito. Sobel. Max.A dan Evan M. Maletsky. 2001. Mengajar Matematika. Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas dan Strategi. Jakarta: Erlangga
- Sadiman. Arief. S. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud
- Syaiful Bahri. 2006 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
- Sugiyono, 2007. Statistik untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta
- Yunus, Mahmud . 2007. Logika suatu Pengantar. Yogyakarta : Graha Ilmu
- Zulkardi. 2002. Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Disertasi. Universityof Twente.
- Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities.com/zulkardi/books.html. Diakses hari Rabu, tanggal 2 Desember 2009.
References
Akker,J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development Research. In: J.Van den Akker, R Branch, K. Gustafson, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht: Kluwer.
Arif Suryawan. 2009. Rangkaian Listrik Dasar. Diakses tanggal 14 Januari 2010
Arsyat, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. London : Falmer.
Fadilah, Kismet ,Ilmu Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung : 2006
Faizur Romzah. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas III SD( Tugas Akhir D- II PGKSD UNNES ). Diakses tanggal 26 Desember 2009
Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja
Rosdikarya Kasmina, dkk, 2008. Matematika untuk SMK, Jakarta: Erlangga
Pujiati .2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP.
PPPPTK Matematika. Yogyakarta Ruseffendi . 2005. Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Edisi Ke Lima. Bandung : Tarsito. Sobel. Max.A dan Evan M. Maletsky. 2001. Mengajar Matematika. Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas dan Strategi. Jakarta: Erlangga
Sadiman. Arief. S. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud
Syaiful Bahri. 2006 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono, 2007. Statistik untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta
Yunus, Mahmud . 2007. Logika suatu Pengantar. Yogyakarta : Graha Ilmu
Zulkardi. 2002. Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Disertasi. Universityof Twente.
Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities.com/zulkardi/books.html. Diakses hari Rabu, tanggal 2 Desember 2009.