Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendapatkan produk berupa alat peraga yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam mengajarkan materi logika matematika (2) melihat efek potensial alat peraga terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran logika matematika. (3) melihat efek potensial alat peraga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran logika matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Palembang sebanyak 39 orang. Pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk berupa alat peraga yang valid dan praktis. (2) alat peraga yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap keaktifan, dan (3) alat peraga tersebut memiliki efek positif terhadap hasil belajar siswa , hal ini terlihat dengan adanya korelasi yang cukup positif antara keaktifan dengan hasil belajar, dan nilai ketuntasan siswa mencapai 78,38 %.


DOI: 10.22342/jpm.4.1.308

Keywords

alat peraga rangkaian listrik seri-paralel logika matematika penelitian pengembangan

Article Details

How to Cite
Yulianti, E., Zulkardi, & Siroj, R. A. (2025). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MENGGUNAKAN RANGKAIAN LISTRIK SERI-PARALEL UNTUK MENGAJARKAN LOGIKA MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/351

References

  1. Akker,J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development Research. In: J.Van den Akker, R Branch, K. Gustafson, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht: Kluwer.
  2. Arif Suryawan. 2009. Rangkaian Listrik Dasar. Diakses tanggal 14 Januari 2010
  3. Arsyat, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
  4. Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
  5. Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. London : Falmer.
  6. Fadilah, Kismet ,Ilmu Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung : 2006
  7. Faizur Romzah. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas III SD( Tugas Akhir D- II PGKSD UNNES ). Diakses tanggal 26 Desember 2009
  8. Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja
  9. Rosdikarya Kasmina, dkk, 2008. Matematika untuk SMK, Jakarta: Erlangga
  10. Pujiati .2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP.
  11. PPPPTK Matematika. Yogyakarta Ruseffendi . 2005. Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Edisi Ke Lima. Bandung : Tarsito. Sobel. Max.A dan Evan M. Maletsky. 2001. Mengajar Matematika. Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas dan Strategi. Jakarta: Erlangga
  12. Sadiman. Arief. S. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud
  13. Syaiful Bahri. 2006 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
  14. Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
  15. Sugiyono, 2007. Statistik untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta
  16. Yunus, Mahmud . 2007. Logika suatu Pengantar. Yogyakarta : Graha Ilmu
  17. Zulkardi. 2002. Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Disertasi. Universityof Twente.
  18. Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, How. http://www.geocities.com/zulkardi/books.html. Diakses hari Rabu, tanggal 2 Desember 2009.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.