Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar siswa dengan media komputer program cyberlink power director dan tanpa media komputer pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak tahun ajaran 2009/2010. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yang artinya setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel penelitian, diperoleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol masing - masing yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata – rata pretes 1,989 dan postes 2,879. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata pretes 1,985 dan postes 2,392. Dimana data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Untuk pretes siswa diperoleh t = 0,05 sedangkan t1-1/2α = 2,018, terlihat bahwa -t1-1/2α <t < t1-1/2α sehingga Ho diterima yaitu tidak ada perbedan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada postes hasil belajar siswa diperoleh t = 5,57 sedangkan t1-1/2α = 2,018 dengan t> t1-1/2α sehingga Ha diterima yaitu ada perbedan minat belajar siswa dengan menggunakan media komputer program Cyberlink Power Director dan tanpa menggunakan media komputer pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak tahun ajaran 2009/2010. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar kelas eksperimen yang menggunakan media komputer program Cyberlink Power Director lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa menggunakan media komputer dengan presentase peningkatan sebesar 20,36 %.
DOI: 10.22342/jpm.5.2.599.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2011 Waminton Rajagukguk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Arikunto, S, (2008), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
- Arikunto, S, (2007), Manajemen Penelitian, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
- Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
- Adi, S., (2007), Komputer adalah Media Belajar Anak, http://saifuladi.wordpress.com/2007/01/0 5/komputer_adalah_media_belajar_anak/pdf
- Adinawan, M.C., dan Sugijono., (2007), Matematika untuk SMP Kelas IX Semester I Jilid 3A, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Arsyad, A., (2009), Media Pembelajaran, Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Dwi, I., (2008) Cyberlink Power Director, http://www.cyberlinkpowerdirector- 7.com
- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2007), Buku Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa dan Standar Operasional (SOP) Kepembimbingan Skripsi Program Studi Pendidikan, FMIPA, Unimed, Medan.
- Ikhsan, M., (2006), Prinsip Pengembangan Media Pendidikan Sebuah Pengantar, http://teknologipendidikan.wordpress.co m/2006/03/21/prinsip-pengembangan- media-pendidikan-sebuah-pengantar/htm.
- Karim, A., (2007), Pembelajaran di Era Digital, http://www.duniaguru.com/index.php?op tion=com_content&task=view&id=675& itemid=28
- Mustikasari, A., (2009), Berbagai Jenis Media Pembelajaran, http://www.Edu- articles.com
- Sadiman, A., Dkk., (2008), Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya , Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
- Safriani, E., (2007), Efektivitas Penggunaan Media Komputer dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Termokimia di Kelas XI SMA Negeri 3 Medan T.A 2007/2008., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
- Saptono, A., dan Agung, Y., (2005), Matematika Sulit, Tak Mesti Harus Les, http://www.indomedia.com
- Slameto., (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
- Siregar, N., (2006), Perbedaan Prestasi Belajar Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Media Komputer Pokok Bahasan Lingkaran dengan Siswa yang Diajar Tanpa Menggunakan Komputer Kelas XII SMA Negeri 2 Medan T.A. 2006/2007., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
- Soefijanto, T.A., (2004), Mengantisipasi Paradigma Baru Pendidikan, http://www.unisosdem.org/kliping_detail.php?aid=4089&coid=1&caid=52 Sudjana, (2002), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.
- Winkel, W.S., (1989), Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta.
- Yunan, I., (2006), Komputer untuk Pembelajaran Matematika, http://www.suaramerdeka.com/harian/06/ 04/03/agam03.htm
References
Arikunto, S, (2008), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S, (2007), Manajemen Penelitian, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Adi, S., (2007), Komputer adalah Media Belajar Anak, http://saifuladi.wordpress.com/2007/01/0 5/komputer_adalah_media_belajar_anak/pdf
Adinawan, M.C., dan Sugijono., (2007), Matematika untuk SMP Kelas IX Semester I Jilid 3A, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Arsyad, A., (2009), Media Pembelajaran, Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Dwi, I., (2008) Cyberlink Power Director, http://www.cyberlinkpowerdirector- 7.com
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2007), Buku Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa dan Standar Operasional (SOP) Kepembimbingan Skripsi Program Studi Pendidikan, FMIPA, Unimed, Medan.
Ikhsan, M., (2006), Prinsip Pengembangan Media Pendidikan Sebuah Pengantar, http://teknologipendidikan.wordpress.co m/2006/03/21/prinsip-pengembangan- media-pendidikan-sebuah-pengantar/htm.
Karim, A., (2007), Pembelajaran di Era Digital, http://www.duniaguru.com/index.php?op tion=com_content&task=view&id=675& itemid=28
Mustikasari, A., (2009), Berbagai Jenis Media Pembelajaran, http://www.Edu- articles.com
Sadiman, A., Dkk., (2008), Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya , Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Safriani, E., (2007), Efektivitas Penggunaan Media Komputer dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Termokimia di Kelas XI SMA Negeri 3 Medan T.A 2007/2008., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Saptono, A., dan Agung, Y., (2005), Matematika Sulit, Tak Mesti Harus Les, http://www.indomedia.com
Slameto., (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Siregar, N., (2006), Perbedaan Prestasi Belajar Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Media Komputer Pokok Bahasan Lingkaran dengan Siswa yang Diajar Tanpa Menggunakan Komputer Kelas XII SMA Negeri 2 Medan T.A. 2006/2007., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Soefijanto, T.A., (2004), Mengantisipasi Paradigma Baru Pendidikan, http://www.unisosdem.org/kliping_detail.php?aid=4089&coid=1&caid=52 Sudjana, (2002), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.
Winkel, W.S., (1989), Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta.
Yunan, I., (2006), Komputer untuk Pembelajaran Matematika, http://www.suaramerdeka.com/harian/06/ 04/03/agam03.htm