Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar siswa dengan media komputer program cyberlink power director dan tanpa media komputer pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak tahun ajaran 2009/2010. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yang artinya setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel penelitian, diperoleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol masing - masing yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata – rata pretes 1,989 dan postes 2,879. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata pretes 1,985 dan postes 2,392. Dimana data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Untuk pretes siswa diperoleh t = 0,05 sedangkan t1-1/2α = 2,018, terlihat bahwa -t1-1/2α <t < t1-1/2α sehingga Ho diterima yaitu tidak ada perbedan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada postes hasil belajar siswa diperoleh t = 5,57 sedangkan t1-1/2α = 2,018 dengan t> t1-1/2α sehingga Ha diterima yaitu ada perbedan minat belajar siswa dengan menggunakan media komputer program Cyberlink Power Director dan tanpa menggunakan media komputer pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak tahun ajaran 2009/2010. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar kelas eksperimen yang menggunakan media komputer program Cyberlink Power Director lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa menggunakan media komputer dengan presentase peningkatan sebesar 20,36 %.

DOI: 10.22342/jpm.5.2.599.

Keywords

Minat Belajar Media Komputer program cyberlink power director

Article Details

How to Cite
Rajagukguk, W. (2025). PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA KOMPUTER PROGRAM CYBERLINK POWER DIRECTOR DAN TANPA MEDIA KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2009/2010. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/340

References

  1. Arikunto, S, (2008), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
  2. Arikunto, S, (2007), Manajemen Penelitian, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
  3. Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
  4. Adi, S., (2007), Komputer adalah Media Belajar Anak, http://saifuladi.wordpress.com/2007/01/0 5/komputer_adalah_media_belajar_anak/pdf
  5. Adinawan, M.C., dan Sugijono., (2007), Matematika untuk SMP Kelas IX Semester I Jilid 3A, Penerbit Erlangga, Jakarta.
  6. Arsyad, A., (2009), Media Pembelajaran, Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
  7. Dwi, I., (2008) Cyberlink Power Director, http://www.cyberlinkpowerdirector- 7.com
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2007), Buku Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa dan Standar Operasional (SOP) Kepembimbingan Skripsi Program Studi Pendidikan, FMIPA, Unimed, Medan.
  9. Ikhsan, M., (2006), Prinsip Pengembangan Media Pendidikan Sebuah Pengantar, http://teknologipendidikan.wordpress.co m/2006/03/21/prinsip-pengembangan- media-pendidikan-sebuah-pengantar/htm.
  10. Karim, A., (2007), Pembelajaran di Era Digital, http://www.duniaguru.com/index.php?op tion=com_content&task=view&id=675& itemid=28
  11. Mustikasari, A., (2009), Berbagai Jenis Media Pembelajaran, http://www.Edu- articles.com
  12. Sadiman, A., Dkk., (2008), Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya , Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  13. Safriani, E., (2007), Efektivitas Penggunaan Media Komputer dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Termokimia di Kelas XI SMA Negeri 3 Medan T.A 2007/2008., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
  14. Saptono, A., dan Agung, Y., (2005), Matematika Sulit, Tak Mesti Harus Les, http://www.indomedia.com
  15. Slameto., (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
  16. Siregar, N., (2006), Perbedaan Prestasi Belajar Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Media Komputer Pokok Bahasan Lingkaran dengan Siswa yang Diajar Tanpa Menggunakan Komputer Kelas XII SMA Negeri 2 Medan T.A. 2006/2007., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
  17. Soefijanto, T.A., (2004), Mengantisipasi Paradigma Baru Pendidikan, http://www.unisosdem.org/kliping_detail.php?aid=4089&coid=1&caid=52 Sudjana, (2002), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.
  18. Winkel, W.S., (1989), Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta.
  19. Yunan, I., (2006), Komputer untuk Pembelajaran Matematika, http://www.suaramerdeka.com/harian/06/ 04/03/agam03.htm

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.