Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi pembelajaran matematika pada materi bilangan yang berdasarkan PMR dalam bentuk buku siswa yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis dokumen, wawancara dan tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5C SD Negeri 117 Palembang yang berjumlah 41 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan senang dalam belajar, siswa juga memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang dilihat dari komentar mereka, serta tes kemampuan mereka yang menunjukkan hasil baik dengan rata-rata 79,79 dimana 34 orang siswa (82,93%) memperoleh nilai > 66. Oleh karena itu, prototipe ketiga buku siswa yang peneliti disain menghasilkan materi pembelajaran bilangan yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek untuk siswa kelas V SD Negeri 117 Palembang dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bilangan.
DOI: 10.22342/jpm.3.1.319
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2009 Farah Diba, Zulkardi, Trimurti Saleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Akker, J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development, In : J. Van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht : Kluwer.
- Arikunto, S. 1999. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
- De Lange, J. 1987. Mathematic, Insight and meaning. Utrecht: OW dan OC.
- De Lange, J.1996. Using and Apalying Mathematics Education. In International handbook of Mathematics Education, A. j. Bishop, et.al. (eds). The Netherlands: Kluwer Academic publishers.
- Depdiknas. 2006. Undang-Undang RI Tentang Guru dan Dosen serta Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. CV. Tamita Utama : Jakarta.
- Djaali dan Muljono, P. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Program Pascasarjana Univeristas Negeri Jakarta, Jakarta.
- Gravemeijer, K,P,E 1994. Developing Realistik Mathematic Education.Utrecht, The Nederlands : Freudenthal Institute. Boca Raton, Florida: Chapman & Hull/CRC.
- Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Tulip: Banjarmasin.
- Haji, Saleh. 2004. ”Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar”.Disertasi UPI.
- Harjanto. 2005. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hendri, dkk. 2007. Pengembangan Materi Kesebangunan dengan Pendekatan PMRI di SMP Negeri 5 Talang Ubi dalam Jurnal Pendidikan Matematika Vol I, No. 2. Palembang : PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.
- Julia Smith‟s. 2007. Learning Theories and Integration Models. [Online]. http://tiger.towson.edu/jsmith40/theory.htm. Diakses 28 Januari 2008.
- Mangatur, dkk. 2007. Cerdas Bersama Matematika Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 SD. Jakarta : Ganeca Exact.
- Marpaung, Y. 1999. Mengejar Ketertinggalan Kita dalam Pendidikan Matematika, Mengutamakan Proses Berpikir dalam Pendidikan Matematika. Disampaikan dalam upacara pembukaan Program S3 Pendidikan Matematika Universitas Surabaya, tanggal 10 September 1999.
- Marpaung, Y. 2003. PMRI, Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Buletin PMRI, edisi perdana Juni 2l 003, h. 4 kolom 1.
- Marpaung, Y. 2005. Karakteristik PMRI. Dalam Mathedu jurnal Pendidikan matematika, vol.1 No. 1. Januari 2006. Surabaya : Program Studi Pendidikan Matematika PPS UNESA.
- Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka. Muslich, M. 2007. KTSP : Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
- Nasoetion, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
- Riduan. 2005. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta : Alpabeta.
- Yasmin, N. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Kelas IV Sekolah Dasar (SD). Thesis Universitas Negeri Padang.
- Zainuri. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik (RME). [Online]. Tersedia: http:zainuri.wimbingordpress.com/2007/04lah/13/pembelajaran-matematika- realistik-rme. Diakses 28 Januari 2008.
- Zulkardi. 2002. Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers.
- Zulkardi. 2005. “Pembelajaran Realistik Matematics Education (RME) sebagai suatu inovasi dalam pendidikan Matematika di Indonesia”. Makalah Pengukuhan Guru Besar di Universitas Sriwijaya, Palembang.
- Zulkardi. 2009. Skala. (http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=217&fname=materi05.html diakses tanggal 02 Juni 2009)
References
Akker, J. Van den. 1999. Principle and Methods of Development, In : J. Van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds), Design Methodology and Development Research. Dordrecht : Kluwer.
Arikunto, S. 1999. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
De Lange, J. 1987. Mathematic, Insight and meaning. Utrecht: OW dan OC.
De Lange, J.1996. Using and Apalying Mathematics Education. In International handbook of Mathematics Education, A. j. Bishop, et.al. (eds). The Netherlands: Kluwer Academic publishers.
Depdiknas. 2006. Undang-Undang RI Tentang Guru dan Dosen serta Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. CV. Tamita Utama : Jakarta.
Djaali dan Muljono, P. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Program Pascasarjana Univeristas Negeri Jakarta, Jakarta.
Gravemeijer, K,P,E 1994. Developing Realistik Mathematic Education.Utrecht, The Nederlands : Freudenthal Institute. Boca Raton, Florida: Chapman & Hull/CRC.
Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Tulip: Banjarmasin.
Haji, Saleh. 2004. ”Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar”.Disertasi UPI.
Harjanto. 2005. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendri, dkk. 2007. Pengembangan Materi Kesebangunan dengan Pendekatan PMRI di SMP Negeri 5 Talang Ubi dalam Jurnal Pendidikan Matematika Vol I, No. 2. Palembang : PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.
Julia Smith‟s. 2007. Learning Theories and Integration Models. [Online]. http://tiger.towson.edu/jsmith40/theory.htm. Diakses 28 Januari 2008.
Mangatur, dkk. 2007. Cerdas Bersama Matematika Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 SD. Jakarta : Ganeca Exact.
Marpaung, Y. 1999. Mengejar Ketertinggalan Kita dalam Pendidikan Matematika, Mengutamakan Proses Berpikir dalam Pendidikan Matematika. Disampaikan dalam upacara pembukaan Program S3 Pendidikan Matematika Universitas Surabaya, tanggal 10 September 1999.
Marpaung, Y. 2003. PMRI, Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Buletin PMRI, edisi perdana Juni 2l 003, h. 4 kolom 1.
Marpaung, Y. 2005. Karakteristik PMRI. Dalam Mathedu jurnal Pendidikan matematika, vol.1 No. 1. Januari 2006. Surabaya : Program Studi Pendidikan Matematika PPS UNESA.
Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka. Muslich, M. 2007. KTSP : Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasoetion, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Riduan. 2005. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta : Alpabeta.
Yasmin, N. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Kelas IV Sekolah Dasar (SD). Thesis Universitas Negeri Padang.
Zainuri. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik (RME). [Online]. Tersedia: http:zainuri.wimbingordpress.com/2007/04lah/13/pembelajaran-matematika- realistik-rme. Diakses 28 Januari 2008.
Zulkardi. 2002. Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers.
Zulkardi. 2005. “Pembelajaran Realistik Matematics Education (RME) sebagai suatu inovasi dalam pendidikan Matematika di Indonesia”. Makalah Pengukuhan Guru Besar di Universitas Sriwijaya, Palembang.
Zulkardi. 2009. Skala. (http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=217&fname=materi05.html diakses tanggal 02 Juni 2009)