Main Article Content

Abstract

The research is aims to describe the level of a student's academic proficiency in mathematics learning cooperative model of reciprocal teaching. Subjects in this study were students VIII.5 SMP Negeri 1 Indralaya totaling 36 people. Data collected through observation and tests. Based on the analysis of observational data show the average score of their academic ability of students is 85.26 and classified in the high  category. The average score of student learning outcomes is 83.01 and classified in the high category. In connection with these conclusions, the math teachers should be able to apply reciprocal teaching models in order to train the student's academic skills.

Keywords

Model reciprocal teaching students' academic ability

Article Details

How to Cite
Muslimin, Indaryanti, & Susanti, E. (2025). Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–14. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/291

References

  1. Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Depdiknas. 2003. Konsep pendidikan kecakapan hidup. Jakarta: Depdiknas.
  3. Depdiknas. 2005. Indikator Keberhasilan Program Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas. Hasanahworld. Wordpress.com /…. /
  4. reciprocal - teaching - dalam - pembelajaran matematika. Diakses 27 juli 2009.
  5. Indriati (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD dengan Soal-Soal Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 6 Palembang.. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5 No. 2: 157-170.
  6. Nurhasana, Farida. 2009. “Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika”. http:// agungprudent. wordpress. Com/ 2009 / 06 / 05 / model – pembelajaran - reciprocal teaching/. Di akses 10 agustus 2009.
  7. Khomsatun, Siti. 2008. “Kecakapan Akademik Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas XI 1A. 1 SMA Negeri 1 Tanjung Raja”. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
  8. Maimunah. 2004. “Pembelajaran Matematika Subpokok Bahasan Volume dan Luas Sisi Limas Tegak Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) Pada Kelas III SMP N 6 Palembang”. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
  9. Meryansumayeka. 2008. “Pengembangan Materi Pelajaran Dengan Menggunakan Media Vidio Pada Pokok bahasan Luas Dan Volume Bola Di Kelas IX SMP Negeri 1 Indralaya”. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
  10. Ningsih, Sulistyo. 2006. “Kecakapan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajarana Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas X SMA Srijaya Negara Palembang”. Skripsi. Inderalaya: FKIP Unsri.
  11. Palincsar. 1986. “Reciprocal Teaching”. www. mbs - sd. org / buletin _ fasilitator / Ed _ 3_ Reciprocal Teaching. pdf. Diakses 27 juli 2009.
  12. Reninta, Rima. 2006. “Uji Coba Pendekatan Kontruktivisme Pada Topik Volume dan Luas Sisi Prisma Tegak di SMP
  13. Negeri 14 Palembang”. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
  14. Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.
  15. Suryani, Ema. 2009. “Pembelajaran Matematika dengan model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 17 Palembang”. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
  16. Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  17. Tamba, Henny. 2007. “Kecakapan Bekerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas VII SMP Xaverius 1 Palembang”. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.
  18. Triyana, Erva. 2005. “Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  19. Universitas Sriwijaya. 2006. Buku Pedoman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya 2006/2007. Inderalaya: Percetakan dan penerbitan Universitas Sriwijaya.
  20. Yulianti, (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4 No. 2: 97-114.

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.