Main Article Content
Abstract
This research aims at describing how students’ understanding on statistical concepts upon using concept map is. Subjects in this research were students who took elementary statistics. Data were collected through observation and test, and were analyzed descriptively. The result shows that using concept map helps students improve their understanding on statistical concepts.
DOI: 10.22342/jpm.3.2.331
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2009 Rohana, Yusuf Hartono, Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Aryanti. 2004. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika siswa SLTP Berdasarkan Paradigma Konstruktivisme. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI (tidak dipublikasikan).
- Basuki, Teguh. 2000. Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis UPI (tidak dipublikasikan).
- Kusmiati, Ikeu. 2005. Penggunaan Media Peta Konsep dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI (tidak dipublikasikan).
- Mardiningsih, Lilik. 2001. Pembelajaran dengan Menggunakan Teknik Peta Konsep Suatu Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep- konsep Fisika. Laporan Action Research pada Buletin Pelangi Pendidikan Volume 4 No.1.
- Mursell, James L. 1975. Pengajaran Berhasil. Terjemahan oleh: Simandjuntak & Soeitoe. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.
- Novak, J.D. & Gowin, D.B. 1985. Learning How to Learn. London: Cambridge University Press
- Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Nurhayati, Evin. 2006. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Melalui Pembelajaran dengan Strategi Peta Konsep. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI (tidak dipublikasikan).
- Rachmawati, Yeni. 2005. Penerapan Peta Konsep dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Penguasaan Materi Perkuliahan Mahasiswa PGTK. Action Research pada Mata Kuliah Psikologi Perkembangan II di PGTK FIP UPI (tidak dipublikasikan).
- Ramdani, Yani. Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum Melalui Penyusunan Peta Konsep. Tesis UPI (tidak dipublikasikan).
- Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
- Rusmansyah. 2003. Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Kimia Karbon melalui Strategi Peta Konsep (Concept Mapping). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.
- Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.
References
Aryanti. 2004. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika siswa SLTP Berdasarkan Paradigma Konstruktivisme. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI (tidak dipublikasikan).
Basuki, Teguh. 2000. Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis UPI (tidak dipublikasikan).
Kusmiati, Ikeu. 2005. Penggunaan Media Peta Konsep dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI (tidak dipublikasikan).
Mardiningsih, Lilik. 2001. Pembelajaran dengan Menggunakan Teknik Peta Konsep Suatu Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep- konsep Fisika. Laporan Action Research pada Buletin Pelangi Pendidikan Volume 4 No.1.
Mursell, James L. 1975. Pengajaran Berhasil. Terjemahan oleh: Simandjuntak & Soeitoe. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.
Novak, J.D. & Gowin, D.B. 1985. Learning How to Learn. London: Cambridge University Press
Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nurhayati, Evin. 2006. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Melalui Pembelajaran dengan Strategi Peta Konsep. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI (tidak dipublikasikan).
Rachmawati, Yeni. 2005. Penerapan Peta Konsep dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Penguasaan Materi Perkuliahan Mahasiswa PGTK. Action Research pada Mata Kuliah Psikologi Perkembangan II di PGTK FIP UPI (tidak dipublikasikan).
Ramdani, Yani. Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum Melalui Penyusunan Peta Konsep. Tesis UPI (tidak dipublikasikan).
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusmansyah. 2003. Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Kimia Karbon melalui Strategi Peta Konsep (Concept Mapping). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.