Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika disekolah pada umumnya belum banyak memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Selain itu media yang digunakan dalam pembelajaran matematika terkadang kurang mendukung proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, untuk melengkapi komponen belajar dan pembelajaran di sekolah, sudah seharusnya guru memanfaatkan media atau alat bantu yang mampu merangsang pembelajaran secara efektif dan efesien. Pemanfaatan teknologi komputer tersebut tentu saja harus dibarengi dengan kesiapan bahan ajar yang ditampilkan pada media komputer tersebut. Untuk itulah guru diharapkan dapat membuat bahan ajar yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa.


DOI: 10.22342/jpm.4.2.310

Keywords

bahan ajar kontekstual macromedia flash

Article Details

How to Cite
Nalurita, L., Siroj, R. A., & Putri, R. I. I. (2025). BAHAN AJAR KESEBANGUNAN DAN SIMETRI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/353

References

  1. Alami, F. 2005. Pembuatan Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash MX 2004. Jurusan Teknik Sipil Universitras Lampung. (www.unila.ac.id/~ft-sipil/tutorial/manual%20flash%202004.pdf. Diakses tanggal 24 Desember 2009)
  2. Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
  3. Azhar, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
  4. Dale. 2007. CAI : Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Informasi Teknologi. (Http://jchkumaat.wordpress.com/2 007/02/18/cai-media-pembelajaran-kontekstual-berbasis-informasi-teknologi, diakses tanggal 17 Maret 2008)
  5. Dalidjo. 2008. Komputer sebagai Alat Bantu Pembelajaran. (http://sumberbelajar.wordpress.com/2008/01/07/komputer-sebagai-alat-bantu-pembelajaran/. Diakses tanggal 17 Maret 2008)
  6. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Balitbang Depdiknas.
  7. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  8. Djaali. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
  9. Heinich, R. et.al. 1996. Intructional Media and Technologies for Learning. 5th edition. Meriill an imprint of Prentice Hall : Englewood Clifft. New Jersy. Columvus , Ohio
  10. Madcoms.2007. Makromedia Flash Pro 8: Mahir dalam 7 Hari. Yogyakarta : C. V. Andi Offset.
  11. Nasoetion, N. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
  12. Rohani, A. 1997. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
  13. Ruseffendi. 1989. Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito
  14. Sadiman, Arif S, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
  15. Sudjana, N, A. Rivai. 2005. Media Pengajaran: Penggunaannya dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru.
  16. Sudrajat Akhmad. 2008. Media Pembelajaran, (http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2008/01/12/media- pembelajaran/. Diakses tanggal 10 Januari 2010)
  17. Sudrajat Akhmad. 2001. Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  18. Bandung : Jica- Universitas Dosen Indonesia (UPI).

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.