Main Article Content

Abstract

Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar keliling, luas persegi dan persegi panjang yang valid dan praktis yang dikembangkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI); (2) mengetahui efek potensial bahan ajar keliling, luas persegi dan persegi panjang dari pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) melakukan field test. Pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, tes dan analisi dokumentasi jawaban siswa. Hasil observasi aktivitas siswa didapat rata-rata aktivitas yaitu 11,99 dengan tingkat aktivitas masuk dalam kategori aktif. Dari hasil tes didapat rata-rata 73,74 yang masuk dalam kategori baik.

DOI: 10.22342/jpm.6.1.4075.63-80

Keywords

Bahan ajar keliling luas persegi dan persegi panjang pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia

Article Details

How to Cite
Syutaridho, S., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KELILING, LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–80. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/348

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Peajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
  2. Diba, Farah. 2009. Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):21-33.
  3. Djaali. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
  4. Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Den Haag: University of Twente.
  5. Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
  6. Lasati, Dwi. 2006. Efektivitas Pendekatan realistic Mathematics Education (RME) pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal pendidikan Inovatif. 1(2):20-23.
  7. Sembiring, R.K. 2008. Apa dan Mengapa PMRI. Majalah PMRI, VI(4):60-61
  8. Sulanjono, Gatot. 2008. Strategi Sukses UASBN Bidang Studi Matematika Bagi Sekolah Mitra PMRI. Majalah PMRI, VI(2):30-31
  9. Supinah dan Agus. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika
  10. Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.
  11. Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Den Haag: University of Twente.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.