Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi program linier yang mengacu pada prinsip dan karakteristik PMRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research yang terdiri dari dua siklus yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi tindakan dan tahap refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observsi. Ujicoba penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Palembang kelas X Jasa Boga 1 yang melibatkan 36 siswa. Dari penelitian tersebut diperoleh simpulan: (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 66,63 (cukup) dengan ketuntasan 58,3 % pada siklus I menjadi rata- rata 71,92 (baik) dengan ketuntasan 75 % pada siklus II. (2) aktivitas siswa tergolong baik.

DOI: 10.22342/jpm.6.2.4088.19-29

Keywords

PMRI Penelitian tindakan kelas Program linier

Article Details

How to Cite
Niswarni, N. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PROGRAM LINIER MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS X JASA BOGA 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 19–29. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/361

References

  1. Djaali. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Penerbit PT Gramedia Widyasarana Indonesia.
  2. Djamarah, S.B. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Penertbit PT Reneka Cipta, Jakarta.
  3. Djamarah, S.B, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  4. Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
  5. Suharta, I. G. P. 2002. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pengembangan dan Pengimplementasian Prototipe I dan II Topik Pecahan Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Bagian I. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XI Universitas Negeri Malang tanggal 22—25 Juli 2002.
  6. Supardi, 2005. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Supartono, 2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Mathedu ; Vol. 1 No 2 Juli 2006, hal. 161. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPS- UNESA.
  8. Supinah, 2007. Pembelajaran Matematika Dengan Model PMRI. Jogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidkan Dan Tenaga Kependidikan Matematika.
  9. Suryabrata, S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  10. Soedjadi, R. 2007. Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1 no 2. hal 1- 10. Palembang: Program Studi Pendidikan Matematika PPS Unsri.
  11. Zulkardi, 2002. Developing A Learning Environment on realistc Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Disertation. ISBN. University of Twente, Enschede. The Nederlands.
  12. Zulkardi, 2005. Pendidikan Matematika Indonesia: Beberapa permasalahan dan upaya penyelesaianya. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar di FKIP Unsri. Palembang.
  13. http://edukasi.kompasiana.com/2010/04/1 1/aktivitas-belajar/
  14. http://marsudiyanto.info/2009/11/25/prog ram-linear.html
  15. http://re- searchengines.com/2007/12/22/1207trim o1.html http://www.p4mriunp.wordpress.com/2010/11/22

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.