Main Article Content
Abstract
Topics prism volume is an important topic to be studied. Study topics prism volume allows students to connect mathematics with an environment that can develop mental abilities and students. In fact, based on the research that has been done before, understanding the concept of students in the material volume of the prism is still lacking. This causes errors occur on problem solving related. Therefore, a series of learning activities designed using learning approach Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) in accordance with the intended learning in the curriculum in 2013 that find themselves the facts, concepts, and new values are needed in life. This study aimed to investigate the effect of applying the concept pamahaman PMRI against students on the material volume of the prism. In this study, the One-Shot Case Study selected as the type of research that is appropriate to achieve these objectives. The research was conducted in MTs Sakatiga, Indralaya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Nur Fadlilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Ambarsari, Shinta. 2012. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII SMP N 6 Palembang. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
- Djaali, dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
- Herawati, Oktiana Dwi Putra. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N 9 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, no (1)
- Indriati, Madina, Abas Kaluku dan Yamin Ismail. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
- Kemendikbud. 2013. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemendikbud.
- Nilawati, Umi. 2012. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VIII SMP Negeri 01 Indralaya Utara. Skipsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya
- Nurfarikhin, Fuad. 2010. Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Peserta Didik Kelas IX MTs. NU Darul Ulum Pidodo Kulon Petebon Kendal. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
- Nurlatifah, Aris Hadiyan Wijaksaan dan Wardani Rahayu. 2013. Mengembangkan Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMP pada Konsep Volume dan Luas Permukaan dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Penguatan Peran Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik . ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
- OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, Financial Literacy. OECD Publishing.
- Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
- Sari, Rala Novita. 2013. Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan PMRI untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya
- Sari, Reny Shinta. 2010. Penerapa Pendekatan PMRI dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 19 Palembang. Skripsi: FKIP Universitas Sriwijaya
- Sudjana. 2005. Metoda Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sunarsi, Anis. 2009. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
- Yahaya, Azizi. 2010. Kepentingan Kepahaman Konsep dalam Matematik. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia.
- Zulkardi dan Ratu Ilma. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JIPP Balitbang.
References
Ambarsari, Shinta. 2012. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII SMP N 6 Palembang. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Djaali, dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Herawati, Oktiana Dwi Putra. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N 9 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, no (1)
Indriati, Madina, Abas Kaluku dan Yamin Ismail. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Kemendikbud. 2013. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemendikbud.
Nilawati, Umi. 2012. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas VIII SMP Negeri 01 Indralaya Utara. Skipsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya
Nurfarikhin, Fuad. 2010. Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Peserta Didik Kelas IX MTs. NU Darul Ulum Pidodo Kulon Petebon Kendal. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
Nurlatifah, Aris Hadiyan Wijaksaan dan Wardani Rahayu. 2013. Mengembangkan Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMP pada Konsep Volume dan Luas Permukaan dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Penguatan Peran Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik . ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, Financial Literacy. OECD Publishing.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sari, Rala Novita. 2013. Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan PMRI untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya
Sari, Reny Shinta. 2010. Penerapa Pendekatan PMRI dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 19 Palembang. Skripsi: FKIP Universitas Sriwijaya
Sudjana. 2005. Metoda Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarsi, Anis. 2009. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Yahaya, Azizi. 2010. Kepentingan Kepahaman Konsep dalam Matematik. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia.
Zulkardi dan Ratu Ilma. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JIPP Balitbang.