Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open-ended yang valid dan praktis dan 2) mengetahui efek potensial setelah guru menggunakan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open- ended. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau development research. Subjek penelitian adalah guru-guru SD yang menjadi peserta KKG SD Gugus III Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode walk through, observasi, tes hasil belajar, dan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas soal tes, dan analisis hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini telah menghasilkan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open-ended yang valid dan praktis. Validitas bahan fasilitasi ini tampak dari tinjauan, validasi, dan evaluasi pakar, panelis, dan tester terhadap isi, konstruksi, dan bahasa/budaya yang menyatakan bahwa bahan fasilitasi ini sudah baik. Bahan fasilitasi berupa instrumen tes hasil belajar, baik tes hasil belajar I maupun tes hasil belajar II, secara empirik juga valid. Kedua, penggunaan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open- ended dalam kegiatan KKG SD Gugus III Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir telah memberikan efek potensial berupa kemampuan guru yang cukup baik dalam menyusun soal open-ended matematika dan menyusun silabus dan RPP yang menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika di SD. Berdasarkan analisis tes hasil belajar, nilai rata-rata kemampuan guru menyusun soal open-ended melalui tes hasil belajar I adalah 71,32 sedangkan nilai rata-rata kemampuan guru menyusun silabus dan RPP dengan penerapan pendekatan open- ended dalam pembelajaran matematika di SD melalui tes hasil belajar II adalah 74,78.


DOI: 10.22342/jpm.4.1.313

Keywords

bahan fasilitasi kkg open-ended

Article Details

How to Cite
Pirdaus, Siroj, R. A., & Putri, R. I. I. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN FASILITASI PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/356

References

  1. Becker, Jerry P. and Shimada, Shigeru. 2007. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Seventh printing. The National Council of Theachers of Mahematics, Inc., Reston, Virginia.
  2. Depdiknas. 2007. Petunjuk Operasional Penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Fungsional Widyaiswara PPPPTK dan LPMP. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
  3. Depdiknas. 2008. Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Direktorat Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
  4. Djaali dan Muljono, Puji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Penerbit PT Grasindo, Jakarta.
  5. Heriyani, Wiwi. 2008. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Perbandingan di SMP Xaverius Maria Palembang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya (tidak dipublikasikan).
  6. Inprasitha, Maitree. 2009. Open- ended Approach and Teacher Education (http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec2006/progress_report/Sym-posium/Imprasitha_a.pdf diakses 2 Februari 2010).
  7. Japar. 2009. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended (http://educare.e- fkipunla.net/index2.php?option=com_content&do_pdf =1&id=54 diakses 25 November 2009).
  8. Jupri, AL. 2007. Open-Ended Problems dalam Matematika, (http://mathematicse.wordpress.com/2007/12/25/open-ended-problems-dalam-matematika/ diakses 2 Oktober 2009).
  9. LPMP Provinsi Sumatera Selatan. 2008. Prosedur Mutu Pengelolaan Pembelajaran Nomor PM- WID-01. LPMP Provinsi Sumatera Selatan, Indralaya.
  10. Nohda, N. 2001. A Study of Open-Appoach Method in School Mathematics Teaching-Focusing on Mathematical Problem Solving Activities, (http://www.nku.edu/~sheffeld/wgal.ht m diakses 26 Desember 2008).
  11. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  12. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  15. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
  16. Yaniawati, Poppy, R. 2003. Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa (Studi Eksperimen pada SMU “X” di Bandung) (http://www.jurnal_kopertis4.org/file/1-poppy-2002.pdf diakses 7 Januari 2010).
  17. Renzopapi. 2008. Prinsip Pedagogi dan Andragogi dalam Pembelajaran, (http://www.matabumi.com/features/pri nsip-pedagogi-dan-andragogi-dalam- pembelajaran, diakses 7 Januari 2010).
  18. Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBNSA. Penerbit Tarsito, Bandung.
  19. Safari. 2005a. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia, Departeman Pendidikan Nasional, Jakarta.
  20. Safari, 2005b. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator, Komputer. Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia, Departeman Pendidikan Nasional, Jakarta.
  21. Sapa’at, Asep. 2008. Guru Sebagai Agen Pembelajar, (http://matematika.upi.edu, diakses 29 Februari 2008).
  22. Sawada, Toshio. 2007. Developing Lesson Plans. In Becker, Jerry P. and Shimada, Shigeru (editor). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Seventh printing (page 23). The National Council of Theachers of Mathematics, Inc., Reston, Virginia.
  23. Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
  24. Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Bahan Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar, (http://p4tkmatematika.org/downloads/smp/PenalaranPemecahanMasalah.pdf diakses 22 April 2010).
  25. Shimada, Sigeru. 1997. What is the Open-Ended Problem Solving?, (http://mste.illinois.edu/users/aki/open_ ended/WhatIsOpen-ended.html diakses 2 Oktober 2009).
  26. Shimada, Sigeru. 2007. The Significance of an Open-Ended Approach. In Becker, Jerry P. and Shimada, Shigeru (editor). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Seventh printing (page 1). The National Council of Theachers of Mathematics, Inc., Reston, Virginia.
  27. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Dirjen Dikti, Jakarta.
  28. Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran, (http://www.psb- sma.org/content/blog/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran diakses 9 November 2009).
  29. Sugema, Bambang dan Hastuti, Setyabudi. 2002. Psikologi Belajar Orang Dewasa. Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.
  30. Suherman.E. 2003. Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.
  31. Suprijanto. 2009. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Cet. Ke-3. Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.
  32. Susetyo, Budi. 2005. Teknik dan Alat Pengumpul Data. Bahan Diklat Teknis Penelitian Tindakan Kelas Guru PLB. Direktorat Pendidikan Luar Biasa.
  33. Suyatno. 2008a. Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran. (Indopos Online: www.klubguru.com, diakses 25 Maret 2008).
  34. Suyatno. 2008b. Membunuh Ketakutan Guru dengan Keberanian Berinovasi, (Indopos Online: www.klubguru.com diakses 25 Maret 2008).
  35. Takahashi, Akihiko. 2005. An Overview What is The Open-Ended Approach, (http://74.125.153.132/search?q=cache:O8uVVxah9V4J:mathforum.org/pcmi/hstp/sum2005/morning/sstp.day1.ppt+%22The+open+ended+approah+%22&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id diakses 9 Oktober 2009).
  36. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. Ke-2 Cet. Ke-4. Balai Pustaka, Jakarta.
  37. Tessmer, Martin. 1998. Palnning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education and Training. Kogan Page Ltd., London.
  38. Trimo. 2008. Pembinaan Profesional melalui Supervisi Pengajaran sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru (http://researchengines. com/trimo 70708.html diakses 23 Januari 2009).
  39. Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). PT Leuser Cita Pustaka, Bandung.
  40. Usman, Moh. Uzer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Edisi Kedua Cet. Ke-16. Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
  41. Yoong, Woong Khoon, Lee Peng Yee, Berinderjeet Kaur, Foong Pui Yee, and Ng Swee Fong. 2009. Mathematics Education The Singapore Journey. World Scientific Publishing Co.Ptc.Ltd., Singapore.
  42. Yusuf, Mariska. 2009. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya (tidak dipublikasikan).
  43. Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi (http://projects. edte.utwente.nl/cascade/imei/dissertatio n/disertasi/html diakses 22 Desember 2009).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.