Main Article Content
Abstract
Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar keliling, luas persegi dan persegi panjang yang valid dan praktis yang dikembangkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI); (2) mengetahui efek potensial bahan ajar keliling, luas persegi dan persegi panjang dari pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) melakukan field test. Pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, tes dan analisi dokumentasi jawaban siswa. Hasil observasi aktivitas siswa didapat rata-rata aktivitas yaitu 11,99 dengan tingkat aktivitas masuk dalam kategori aktif. Dari hasil tes didapat rata-rata 73,74 yang masuk dalam kategori baik.
DOI: 10.22342/jpm.6.1.4075.63-80
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2012 Syutaridho Syutaridho, Zulkardi Zulkardi, Yusuf Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Peajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
- Diba, Farah. 2009. Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):21-33.
- Djaali. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
- Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Den Haag: University of Twente.
- Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
- Lasati, Dwi. 2006. Efektivitas Pendekatan realistic Mathematics Education (RME) pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal pendidikan Inovatif. 1(2):20-23.
- Sembiring, R.K. 2008. Apa dan Mengapa PMRI. Majalah PMRI, VI(4):60-61
- Sulanjono, Gatot. 2008. Strategi Sukses UASBN Bidang Studi Matematika Bagi Sekolah Mitra PMRI. Majalah PMRI, VI(2):30-31
- Supinah dan Agus. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika
- Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.
- Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Den Haag: University of Twente.
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Peajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Diba, Farah. 2009. Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):21-33.
Djaali. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Den Haag: University of Twente.
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
Lasati, Dwi. 2006. Efektivitas Pendekatan realistic Mathematics Education (RME) pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal pendidikan Inovatif. 1(2):20-23.
Sembiring, R.K. 2008. Apa dan Mengapa PMRI. Majalah PMRI, VI(4):60-61
Sulanjono, Gatot. 2008. Strategi Sukses UASBN Bidang Studi Matematika Bagi Sekolah Mitra PMRI. Majalah PMRI, VI(2):30-31
Supinah dan Agus. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika
Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Den Haag: University of Twente.