Main Article Content

Abstract

Penggunaan media LKS interaktif berbasis komputer, akan membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif berbasis Komputer dapat meningkatkan prestasi belajar tentang persamaan garis singgung, fungsi naik, fungsi turun dan titik stasioner dengan jenis-jenisnya, siswa kelas X1 IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar tentang persamaan garis singgung, fungsi naik, fungsi turun dan titik stasioner dengan jenis-jenisnya, siswa kelas X1 IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang semester genap (dua) tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 30 orang. Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam dua kali siklus tindakan, penggunaan LKS Interaktif berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang semester genap (dua) tahun pelajaran 2008/2009. Peningkatan ini terjadi pada nilai rata-rata 6,33 pada siklus I menjadi 6,90 pada siklus II. Ketuntasan belajar dengan KKM yang ditetapkan 75 % juga meningkat, pada siklus I ketuntasan 73,33% menjadi 76,67 % pada siklus II. Respon siswa terhadap penggunaan LKS Interaktif pada pembelajaran matematika adalah baik. Dari hasil penelitian ini dalam pembelajaran matematika guru diharapkan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif, inovatif dan memanfaatkan teknologi sehingga menerapkan pembelajaran berbasis komputer.


DOI: 10.22342/jpm.4.2.816

Keywords

hasil belajar matematika siswa lks interaktif

Article Details

How to Cite
Yusup, M. (2025). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34–44. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/372

References

  1. Al Krismanto.(2003). Beberapa Teknik, Model dan strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
  2. Artikel Digital Learning. (2007). http://www.impalaunibraw.org (diakses pada tanggal 2 April 2007).
  3. Darsono, Max, dkk.(2000). Belajar dan Pembelajaran . Semarang : Jurusan Matematika Unnes.
  4. Djaali Dan Mulyono P.(2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : PT. Gramedia
  5. Departemen Pendidikan Nasional, dkk.(2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
  6. Hidayah, Isti, dkk.(2003). Workshop Pendidikan Matematika 2. Semarang : IKIP SEMARANG PRESS.
  7. Indrianto, Lis. (1998). Pemanfaatan Lembaran Kerja Siswa Dalam Pengajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika. Semarang : IKIP Semarang.
  8. Naswan Suharsono, (2002). Pemakaian Lembar Kerja untuk Meningkatkan Kemampuan Menjalankan Program Aplikasi Komputerisasi dan Analisis Data Bisnis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 9 No. 2 Tahun 2002
  9. Rochiati Wiriaatmaja, (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.
  10. Siahaan, Sudirman. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran} di http://www.balitbang.-org. didownload pada tanggal 15 Desember 2007.
  11. Sugilar. (1996). Hubungan literasi komputer dengan sikap terhadap pembelajaran berbantuan komputer} (tesis). PPS - IKIP Jakarta.
  12. Suindriyati.(2007), Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran}.
  13. Soekartawi.(2003). Beberapa Kesulitan Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Web Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh (Obstacles in Applying Web-based Learning for Distance Education System. http://www.seamolec.or.id. didownload pada tanggal 15 Mei 2008.
  14. Suyitno, Amin, dkk (1997). Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA Unnes.
  15. Thompson, A. (2000). Edutional computing foundation 2nd New York: Macmilan college publishing company.
  16. Umi Mubarrokhah(2006). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
  17. Wibawanto, Hari. (2006). Bahan Ajar Multimedia Interaktif. Semarang: UPT SBM UNNES.
  18. Zulkardi(2002). Development a Learning environment on Realistic Mathematics Education (RME) for Indonesian student teachers}. Dissertaion. ISBN. University of Twente, Enschede. The Netherlands.