Main Article Content

Abstract

Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan contextual teaching learning (CTL). Pendekatan contextual teaching learning (CTL) mempunyai ciri-ciri diantaranya menggunakan masalah kontekstual, dengan menggunakan permasalahan kegiatan sehari-hari sebagai contoh, sehingga dapat memudahkan siswa dalam memecahkan permasalahan matematika untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan yang ada. Dengan harapan siswa dapat lebih mengingat konsep- konsep yang terdapat pada permasalahan yang mereka hadapi. Dengan pendekatan CTL, siswa dibimbing untuk menemukan konsep-konsep dalam matematika, sehingga siswa dapat mengembangkan ide-ide kreatif mereka pada pembelajaran selanjutnya.

DOI: 10.22342/jpm.6.2.4087.45-53

Keywords

pembelajaran pendidikan matematika realistik indonesia

Article Details

How to Cite
Farhatin, D. (2025). PEMBELAJARAN MATERI LUAS PERMUKAAN BALOK DAN KUBUS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 45–53. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/363

References

  1. Depdiknas. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP
  2. Fisher, R. (1995). Teaching Children to Think. Cheltenham, United Kingdom: Stanley Thornes Ltd
  3. Foshay, R. dan Kirkley, J. (2003). Principles for Teaching Problem Solving [online].
  4. Tersedia:www.ispi.org/ProComm/resources/UsingtheCognitiveApproach Silber.pdf [1 Desember 2010].
  5. Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrecht: Freudenthal Institute
  6. Sumarno, U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Seminar Tingkat nasional FMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan
  7. Sagala, Saiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  8. Tessmer, Martin. (1993). Planing and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page
  9. Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  10. Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Disertasi. University of Twente.

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.