Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa dalam kelompok tinggi, sedang dan rendah ditinjau dari tingkat penguasaan matematika. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan tingkat penguasaan matematika dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan unit-unit penelitian ditentukan berdasarkan kelompok pembelajaran dan tingkat penguasaan matematika siswa. Kelompok pembelajaran dibedakan menjadi dua yaitu pembelajaran problem posing dan pembelajaran konvensional. Sedangkan tingkat penguasaan matematika siswa dibedakan ke dalam kelompok tinggi, sedang dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelompok tinggi dan sedang serta tinggi dan rendah. Tetapi tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelompok sedang dan rendah. (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran (Problem Posing dan Konvensional) dengan tingkat penguasaan matematika siswa dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Interaksi terjadi antara pembelajaran (PP dan KV) dengan tingkat penguasaan matematika siswa pada kelompok tinggi dan sedang serta tinggi dan rendah dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Tetapi tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (PP dan KV) dengan tingkat penguasaan matematika siswa dalam kelompok sedang dan rendah.
DOI: 10.22342/jpm.4.1.312
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2010 Oktiana Dwi Putra Herawati, Rusdy A Siroj, H. M. Djahir Basir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA).
References
- Abussakir. 2009. Pembelajaran Matematika Dengan Problem Posing. Tersedia di: http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-dengan-problem-posing/. (diakses tgl 18 juni 2009)
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Brown, S.I & Walter, M.I. 1993. Problem posing: Reflection and applications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
- Chairani, Zahra. 2007 . Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika . Tersedia di http://agus66.blogspot.com/2009/03/problem-posing-dalam- pembelajaran.html (diakses tgl 18 juni 2009 ).
- Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Echols dan Shadily. 1990. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
- Firdaus, Wildaiman. 2006.Lima mitos sesat seputar matematika. Bandung : Ponpes Al-Masudiyah. Tersedia di http ://www.pikiranrakyat. com/cetak/2006/082006/10/cakrawala/profil.html. (diakses tgl 5 Februari 2010).
- Herdian. 2009. Pembelajaran Dengan Problem Posing. Tersedia di: http://herdy07.wordpress.com/2009/0 4/19/model-pembelajaran-problem- posing/ (diakses tgl tgl 28 07 2009)
- Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
- Pi-Jen Lin. 2004. Supporting Teachers On Designing Problem-Posing Tasks As A Tool Of Assessment To Understand Students’ Mathematical Learning. Journal of Mathematics Education Vol 3 pp 257–264. Taiwan: National Hsin-ChuTeachers College
- P.B, Triton. 2005. SPSS 13.0 Terapan: Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi
- Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Media Com.
- Ram, M. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Game Problem Posing. Tersedia di: http://mram507.wordpress.com (diakses tgl 30 agustus 2009).
- Ruseffendi, E. T. 1991. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tidak diterbitkan.
- Russeffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
- Sarbaini. 2009. Makalah Problem Posing. Tersedia di: http://alifdanhamzah.blogspot.com/20 09/05/makalah-problem-posing.html (diakses tgl 18-06-2009).
- Silver, E.A dan Cai, J. 1996. An Analysis of Aritmatic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research In Mathematics Education. V 27 No.5, Nov 1996 hal 521-539
- Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. “Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving “. Tersedia di: http://tatagyes.files.wordpress.com/200 9/11/paper04_wallascps1.pdf. (Diakses pada tanggal 10 Februari 2010)
- Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan penalaran matematika siswa sekolah menengah atas dikaitkan dengan kemampuan penalaran logik siswa dan beberapa unsur proses belajar mengajar. Disertasi PPS IKIP (Tidak dipublikasikan)
- Sutiarso, Sugeng. 2000. Problem Possing: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia di: http://nursalam-uin.blogspot.com/2008_07_01_archiv e.html (diakses 13 Desember 2009)
- Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA- Universitas Pendidikan Indonesia
- TIM PPPG Matematika Yogyakarta. 2005. Materi Pembinaan Matematika SMP di Daerah Yogyakarta. Depdiknas
- Xiaogang Xia. 2008. Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education December, Vol. 1, No. 1, pp.153-163. China: Guizhou Normal University
- Yuniar. 2006. Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran Di Kelas XI Program IPA SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis: Tidak Diterbitkan.
- Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya
References
Abussakir. 2009. Pembelajaran Matematika Dengan Problem Posing. Tersedia di: http://abdussakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-dengan-problem-posing/. (diakses tgl 18 juni 2009)
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Brown, S.I & Walter, M.I. 1993. Problem posing: Reflection and applications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Chairani, Zahra. 2007 . Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika . Tersedia di http://agus66.blogspot.com/2009/03/problem-posing-dalam- pembelajaran.html (diakses tgl 18 juni 2009 ).
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Echols dan Shadily. 1990. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Firdaus, Wildaiman. 2006.Lima mitos sesat seputar matematika. Bandung : Ponpes Al-Masudiyah. Tersedia di http ://www.pikiranrakyat. com/cetak/2006/082006/10/cakrawala/profil.html. (diakses tgl 5 Februari 2010).
Herdian. 2009. Pembelajaran Dengan Problem Posing. Tersedia di: http://herdy07.wordpress.com/2009/0 4/19/model-pembelajaran-problem- posing/ (diakses tgl tgl 28 07 2009)
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Pi-Jen Lin. 2004. Supporting Teachers On Designing Problem-Posing Tasks As A Tool Of Assessment To Understand Students’ Mathematical Learning. Journal of Mathematics Education Vol 3 pp 257–264. Taiwan: National Hsin-ChuTeachers College
P.B, Triton. 2005. SPSS 13.0 Terapan: Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi
Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Media Com.
Ram, M. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Game Problem Posing. Tersedia di: http://mram507.wordpress.com (diakses tgl 30 agustus 2009).
Ruseffendi, E. T. 1991. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tidak diterbitkan.
Russeffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sarbaini. 2009. Makalah Problem Posing. Tersedia di: http://alifdanhamzah.blogspot.com/20 09/05/makalah-problem-posing.html (diakses tgl 18-06-2009).
Silver, E.A dan Cai, J. 1996. An Analysis of Aritmatic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research In Mathematics Education. V 27 No.5, Nov 1996 hal 521-539
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. “Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving “. Tersedia di: http://tatagyes.files.wordpress.com/200 9/11/paper04_wallascps1.pdf. (Diakses pada tanggal 10 Februari 2010)
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan penalaran matematika siswa sekolah menengah atas dikaitkan dengan kemampuan penalaran logik siswa dan beberapa unsur proses belajar mengajar. Disertasi PPS IKIP (Tidak dipublikasikan)
Sutiarso, Sugeng. 2000. Problem Possing: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia di: http://nursalam-uin.blogspot.com/2008_07_01_archiv e.html (diakses 13 Desember 2009)
Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA- Universitas Pendidikan Indonesia
TIM PPPG Matematika Yogyakarta. 2005. Materi Pembinaan Matematika SMP di Daerah Yogyakarta. Depdiknas
Xiaogang Xia. 2008. Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education December, Vol. 1, No. 1, pp.153-163. China: Guizhou Normal University
Yuniar. 2006. Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran Di Kelas XI Program IPA SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis: Tidak Diterbitkan.
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya