Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan soal ujian sekolah tingkat SMA bentuk pilihan ganda tipe open-ended yang valid dan praktis. (2) Untuk mengetahui efek potensial soal ujian sekolah tingkat SMA bentuk pilihan ganda tipe open-ended terhadap hasil tes matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 8 Palembang sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan walk trough, analisis dokumen, tes soal open- ended, dan log book. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) Penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal ujian sekolah bentuk pilihan ganda tipe open- ended yang valid dan praktis. Valid terjabar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan content, konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada siswa small group. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group terlihat 60,83 % siswa dapat meyelesaikan soal open-ended yang diberikan. (2) prototype soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil tes siswa, hal ini terlihat dengan beberapa munculnya beragam jawaban siswa dan rata-rata hasil tes siswa yang memenuhi standar kelulusan mencapai 95 %.

DOI: 10.22342/jpm.6.1.4089.1-18

Keywords

Penelitian Pengembangan Ujian Sekolah Open-Ended

Article Details

How to Cite
Ariadi, A. (2025). PENGEMBANGAN SOAL UJIAN SEKOLAH TINGKAT SMA BENTUK PILIHAN GANDA TIPE OPEN ENDED. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–18. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/345

References

  1. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (eds.) (2001). A taxonomy for learning, teaching,and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, S. 1991. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
  3. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional.Jakarta: BSNP.
  4. Becker, Jerry P. and Shimada, Shigeru. 2007. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Cauncil of Teachers of Mathematics
  5. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
  6. Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
  7. Depdiknas. 2006a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi. Jakarta: Depdiknas.
  8. Depdiknas. 2006b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kelulusan. Jakarta: Depdiknas.
  9. Depdiknas. 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.
  10. Depdiknas. 2008. Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Jakarta: Depdiknas.
  11. Depdiknas. 2008. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.
  12. Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik. Jakarta: Kemendiknas.
  13. Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. Jakarta: Kemendiknas.
  14. Djaali. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
  15. Djaali dan Muljono, P. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
  16. Emilya. 2010. Pengembangan Soal-Soal Open- Ended Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana UNSRI. Tidak diterbitkan.
  17. Khabiba, S. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU) 2(1). Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika PPs UNESA.
  18. Sappaile, B I. 2007. Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas I SMUNegeri DKI Jakarta). Jurnal Departemen Pendidikan Nasional.(www.depdiknas.go.id/Jurna l/56/metode.htm diakses tanggal 22 mel 2009).
  19. Sawada, Toshio. 2007. Developing Lesson Plans. In Becker, Jerry P. and Shimada, Shigeru(editor). The Open- Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Seventh printing (page 23). The National Council of Theachers of Mathematics, Inc., Reston, Virginia.
  20. Shimada, Sigeru. 2007. The Significance of an Open-Ended Approach. In Becker, Jerry P.and Shimada, Shigeru (editor). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Seventh printing (page 1). The National Council of Theachers of Mathematics, Inc., Reston, Virginia.
  21. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti.
  22. Somantri, A. Dan Muhidin, A.S. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia.
  23. Subana, M. dan Rahadi. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
  24. Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  25. Suherman.E. 2003. Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
  26. Syahban, M. 2008. Menggunakan open-ended untuk memotivasi berpikir matematika. Tersedia pada: http://educarc.efkipunla.net/index.php?option=comco ntent&task=view&id=54&itemi=4. Diakses tanggal 22 Mei 2009.
  27. Vandewaele, Cohn. 2002. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan dan Pengajaran. Jakarta: Erlangga
  28. Wiwi. 2009. Pengembangan Soal-Soal Open- Ended Pokok Bahasan Perbandingan di SMP Xaverius Maria Palembang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika PPs UNSRI. Tidak diterbitkan.
  29. Yusuf. 2009. Pengembangan Soal-Soal Open- Ended pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Desember, 2009, Volume 3 No. 2. Palembang: Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unsri.
  30. Zulkardi, 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian student teachers. Disertasi. Tersedia pada:http://projects.edte.utwente.nl/cascade/imei/dissertation/disertasi.html. Diakses tanggal 22 Mei 2009.