Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi program linier yang mengacu pada prinsip dan karakteristik PMRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research yang terdiri dari dua siklus yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi tindakan dan tahap refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observsi. Ujicoba penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Palembang kelas X Jasa Boga 1 yang melibatkan 36 siswa. Dari penelitian tersebut diperoleh simpulan: (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 66,63 (cukup) dengan ketuntasan 58,3 % pada siklus I menjadi rata- rata 71,92 (baik) dengan ketuntasan 75 % pada siklus II. (2) aktivitas siswa tergolong baik.

DOI: 10.22342/jpm.6.2.4088.19-29

Keywords

PMRI Penelitian tindakan kelas Program linier

Article Details

How to Cite
Niswarni, N. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PROGRAM LINIER MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS X JASA BOGA 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 PALEMBANG. Mathematics Education Journal, 6(2), 19–29. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/361

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.