Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan materi ajar penghitungan volume yang valid dan praktis yang dikembangkan berdasarkan pendekatan PMRI di kelas V SD, (2) mengetahui efek potensial yang muncul dari pengembangan materi ajar penghitungan volume terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) tipe formative evaluation, yaitu pengembangan materi ajar penghitungan volume menggunakan pendekatan PMRI. Prosedur penelitian ini dibagi dalam 2 tahapan, yaitu: preliminary dan formative evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dan tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas Va semester 2 di SD Negeri 16 Ogan Komering Ulu yang berjumlah 25 siswa,. Peneliti mengambil kesimpulan: (1) materi ajar penghitungan volume yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif berdasarkan pendekatan PMRI di kelas V SD, (2) pengembangan materi ajar penghitungan volume memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa, di mana nilai rata-rata tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan siswa adalah 87,01, ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa termasuk kategori baik sekali, dan dari hasil observasi siswa, ternyata: (a) sebagian besar siswa menggunakan konteks nyata (real context), (b) sebagian besar siswa menggunakan instrumen vertikal (bagan, model, skema), (c) sebagian besar siswa menggunakan hasil pekerjaan siswa dan konstruksi, (d) sebagian besar siswa melakukan interaktivitas, (e) walaupun hampir separuh bagian materi berkaitan dengan pokok bahasan lain dalam ilmu matematika atau dengan mata pelajaran lain. Oleh karena itu, materi ajar penghitungan volume dengan menggunakan pendekatan PMRI ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

DOI: 10.22342/jpm.6.1.4074.35-62

Keywords

PMRI Penelitian Pengembangan Materi Ajar Penghitungan Volume

Article Details

How to Cite
Taufik, N. I., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2025). PENGEMBANGAN MATERI AJAR PENGHITUNGAN VOLUME MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–62. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/347

References

  1. Akker, J., Van den. (1999). Principle and Methods of Development Research. In:
  2. J. van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds), Design methodology and developmental research. Dordrecht : Kluwer.
  3. Arikunto, Suharsimi. (2009a). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Arikunto, Suharsimi. (2009b). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Armanto, D. (2002). Teaching multiplication and division realistically in Indonesian primary schools: a prototype of localinstructional theory. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente.
  6. De Lange, J. (1987). Mathematics insight and meaning. Utrecht: OW & OC.
  7. De Lange, J. (1996). Using Applying Mathematics in Education. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
  8. Gravemeijer, K.P.E. (1991). An Instruction- Theoretical Reflection on the Use of Manipulatives. Center for Science and Mathematics Education. The Netherlands: Utrecht University.
  9. Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing realistic mathematics education. Utrecht: CD- Press, Freudenthal Institute.
  10. Hadi, Sutarto. (2003). "Paradigma Baru Pendidikan Matematika." Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kab. Tapin, 30 April 2003.
  11. Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
  12. Hadi, Sutarto. (2009). Standar PMRI untuk Penjaminan Mutu. Majalah PMRI, VII(2), 28-29.
  13. Haji, Saleh. (2005). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Disertasi doktor, Universitas Pendidikan Indonesia.
  14. Heuvel-Panhuizen, Marja van den. (1996). Assessment and realistic mathematics education. Utrecht : CD-β Press, Center for Science and Mathematics Education. - (CD-β wetenschappelijke bibliotheek ; 19).
  15. Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
  16. Ilma, Ratu. I.P. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Statistika Menggunakan Pendekatan RME Berdasarkan KBK di SMAN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, I(1), 21-33.
  17. Ilma, Ratu. I.P. (2010). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Inteligensi Siswa SD di Palembang. Sinopsis Disertasi S3 UNJ.
  18. Mahmuddin. (2009). Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran. Tersedia: http://mahmuddin.wordpress.com/2009/11/12/pendekatan-konstruktivistik- dalam pembelajaran/. Diakses 3 April 2010.
  19. Marhamah. (2009). Pengembangan Materi Ajar Pecahan dengan Pendekatan PMRI di SD Negeri 21 Palembang, Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.
  20. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  21. Puskur. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Isi Matematika SD/MI. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
  22. Puskur. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
  23. p4mri.net. (2010). Rangking Indonesia pada PISA 2009 dan 10 Terbaik. Tersedia dalam http://p4mri.net/new/?p=339. Diakses 10-12-2010.
  24. p4mriunlam. (2010). Lembar Observasi dan Pedoman Penilaian. Tersedia dalam (http://p4mriunlam.wordpress.com/pen elitian/. Diakses 12 Nopember 2010.
  25. Ruseffendi, E.T. (1980). Seri Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru, dan SPG seri kelima. Bandung: Tarsito.
  26. Ruseffendi, E.T. (2004). “Landasan Filosofis dan Psikologis Pembelajaran Matematika Realistik”. Makalah disajikan dalam Lokakarya Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru SD di Kota Bandung, tanggal 7, 13, dan 14 Agustus 2004. UPI Bandung.
  27. Saragih, Sahat. (2009). Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Makalah.
  28. Science Daily. (2010). Tersedia dalam http://math.about.com/b/2009/01/01/asi an-students-top-the-timss-scores- again.htm. Diakses 3 Maret 2010.
  29. Sembiring, R.K. (2008). “Apa dan Mengapa PMRI.” Majalah PMRI, VI(4), 60-61.
  30. Sembiring, R.K., Hoogland, Kees & Dolk, Marteen. (2010). A Decade of PMRI in Indonesia. Bandung: -
  31. Soedjadi, R. (2001a). “Pemanfaatan Realitas Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA Surabaya, 24 Februari 2001.
  32. Soedjadi, R. (2001b). “Pembelajaran Matematika Realistik Pengenalan Awal dan Praktis”. Makalah disajikan pada Workshop Pengembangan Pembelajaran RME untuk SD di PPPG Matematika Yogyakarta, 4-11 Juli 2001.
  33. Soedjadi, R. (2007). “Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia”. Jurnal Pendidikan Matematika. I(2), 1- 10.
  34. Tessmer, Martin. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.
  35. Trianto. (2009). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana.
  36. Zulkardi. (2000). “RME suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia (Suatu Pemikiran Pasca Konferensi Nasional Matematika 17-20 Juli 2000 di ITB)”. Makalah.
  37. Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente.
  38. Zulkardi. (2005). ”Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Implementasinya”. Makalah pada Seminar Kenaikan Jabatan dari Lektor Kepala ke Guru Besar Pendidikan Matematika UNSRI, 29 Maret 2005.
  39. Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. Online pada: www.geocities.com/zulkardi/books.ht ml. Diakses tanggal 14 Mei 2010.
  40. Zulkardi. (2010). Kuliah ”Proses dan Evaluasi Belajar Matematika” di Prodi Pendidikan Matematika S2 pada tanggal 11 Desember 2010. PPS Unsri Palembang.
  41. Zulkardi & Ilma. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Tersedia pada: http://:www.pmri.or.id. Diakses 3 Maret 2010.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.