Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar matematika mengacu pada pembelajaran berbasis masalah yang valid dan praktis untuk mengajarkan konsep matematika siswa kelas VIII SMP; (2) mengetahui efek potensialnya terhadap kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas siswa. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP dan buku siswa. Metode penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain bahan ajar; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) field test. Pengumpulan data dilakukan dengan walk through, observasi dan menganalisis hasil pekerjaan siswa pada buku siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambang Luang yang berjumlah 25 orang, dengan kesimpulan prototipe buku siswa dikategorikan valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana buku siswa telah direvisi sesuai dengan saran dan komentar validator. Praktis tergambar dari hasil uji coba, dimana semua siswa dapat menggunakan buku siswa dengan baik. Dan berdasarkan hasil analisis buku siswa yang dikembangkan memiliki efek potencial terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah. Hal ini terlihat dari nilai kemampuan siswa memecahkan masalah rata-rata mencapai 75,83%, yang dikategorikan baik.

DOI: 10.22342/jpm.6.1.4090.19-34

Keywords

penelitian pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis masalah

Article Details

How to Cite
Khotimah, K., Siroj, R. A., & Basir, D. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGACU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BAGI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 RAMBANG KUANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 19–34. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/346

References

  1. Abadiah, Lenalafia.(2008).Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). (Online, http://lenalafia.blogspot.com/2008/12/pembelajaran- berbasismasalah.html). Diakses tanggal 17 Januari 2009.
  2. Abbas, Nurhayati. (2000). Pengembangan Bahan ajar Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-based Instruction). Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNESSA.
  3. Akker, J., Van den. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
  4. Amir, Taufiq. (2008). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
  5. Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Putra
  6. BSNP. (2006). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ( SNP ). Bandung : Citra Umbara.
  7. Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
  8. Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Standar Kompetensi Matematika. Jakarta: Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
  10. Diknas. (2002). MBMPS Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
  11. Djaali & Puji. (2004). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Univeritas Negeri Jakarta.
  12. Hanafiah, Nanan & Suhana, Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
  13. Hendrawadi (2010). Pengembangan Soal-soal Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Logika Berpikir Matematika Siswa SMA Negeri 1 Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Palembang: Tesis PPs Unsri. Tidak diterbitkan.
  14. Hudojo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: PPLPTK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  15. Ibrahim, M & Nur, M. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Buku Ajar Mahasiswa). Surabaya: UNESSA
  16. Ibrahim, M & Nur, M. (2004). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESSA University Press.
  17. Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction): Apa, bagaimana, dan Contoh pada Sub Pokok Bahasan Statistika. Makalah disajikan pada pelatihan TOT Pembelajaran Kontekstual (CTL) untuk Instruktur/guru dan dosen di Surabaya.
  18. Muslimatun. (2006). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Representasi untuk Meningkatkan Hasil dan Kerjasama Kelompok Pokok Bahasan Dalil Pythagoras Siswa SMPN 1 Semarang Kelas VIII. Semarang: Skripsi FMIPA UNNES. Tidak diterbitkan.
  19. Nasoetion, N. (2007). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
  20. Ratnaningsih, N. (2003). Pengembangan Kemampuan Berfikir Matematik Siswa SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis Program Pasca Sarjana UPI: Tidak diterbitkan.
  21. Santyasa, I Wayan. (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Univesitas Pendidikan Ganesha.
  22. Suchaini. (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah. (Online, http://suchaini.wordpress.com/200 8/12/15/pembelajaran-berbasis- masalah/). Diakses tanggal 30 Januari 2010
  23. Sulatra, I Made. 2005 Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBI) dalam Pembelajaran Matematika. (Online, http://www.duniaguru.com/index. php?option=com_content&task=v iew&id=236&itemid=26). Diakses tanggal 17 Januari 2010.
  24. Tessmer, Martin. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page Limited.
  25. Wena, Made. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Malang: Bumi Aksara.
  26. Wicaksono, Agung. (2009). Model Pembelajaran Program Based Instruction (PBI). (Online, http://agungprudent.wordpress.co m/2009/06/24/model- pembelajaran-based-instruction- pbi/). Diakses tanggal 8 Pebruari 2010.
  27. Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. (Online, www.geocities.com/zulkardi/books.html). Diakses tanggal 16 Mei 2009.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.