Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris melalui penggunaan LKS Bilingual dalam pembelajaran matematika di kelas X-C SMA Negeri 1 Muara Enim. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pembuatan instrumen penelitian menggunakan konsep penelitian pengembangan, sampai dengan tahap small group, serta desain Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.C SMA Negerin 1 Muara Enim, berjumlah 34 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode walk through, tes hasil belajar, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Khusus untuk soal tes digunakan analisis validitas dan reliabilitas soal tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS Bilingual dalam pembelajaran matematika di kelas X-C SMA Negeri 1 Muara Enim dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan siswa Kelas X-C SMA Negeri 1 Muara Enim dalam menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris dengan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran matematika sebesar 75% oleh sekurang-kurangnya 80% siswa tercapai. Banyaknya siswa yang mencapai KKM di atas, pada siklus I sebanyak 79% dan pada siklus II sebanyak 88%. Penulis menyarankan beberapa hal, yaitu: 1) LKS Bilingual kiranya dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat memberikan siswa kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, dan 2) para guru matematika, ataupun guru mata pelajaran lain, dapat menggunakan atau mengembangkan LKS Bilingual ini dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran masing-masing dan dapat menjadikannya sebagai motivasi untuk mengembangkan profesinya.

DOI : 10.22324/jpm.6.1.4080.81-102

Keywords

Soal Matematika Berbahasa Inggris Lembar Kerja Siswa Bilingual

Article Details

How to Cite
Zuraidah, Y., Zulkardi, Z., & Rachman, F. A. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BILINGUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUARA ENIM. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–102. Retrieved from https://jpm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/350

References

  1. Anggriamurti, Ranty Aditya. 2010. Pembelajaran Tranformasi Geometri dengan Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Penalaran Logis Siswa Kelas XII SMA BPI 2 Bandung (Suatu Penelitian Deskriptif dengan Pokok Bahasan Tranformasi Geometri (http://matematika.upi.edu/ index.php/penerapan-pendekatan- matematika-realistik-untuk- meningkatkan-pemahaman-siswa- terhadap-konsep-bilangan-bulat- penelitian-tindakan-kelas-terhadap- siswa-kelas-vii-e-smp-2-banjaran- kab-bandung/ diakses 27 Mei 2010).
  2. Depdiknas. 2005. Matematika 3. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Djaali dan Muljono, Puji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Penerbit PT Grasindo, Jakarta.
  5. Gasong, Dina. 2010. Model Pembelajaran Konstruktivistik sebagai Alternative Mengatasi Masalah Pembelajaran, (http://www.gerejatoraja.com/downlo ads/ MODEL_PEMBELAJARAN_KONSTRUKTIVISTIK.doc diakses 26 Mei 2010).
  6. Hudojo, H. 2001. Common Textbook Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Penerbit JICA, Malang.
  7. Indrianto, Lis. 1998. Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dalam Pengajaran Matematika sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika. Semarang: IKIP Semarang.
  8. Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
  9. Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Nasoetion, Noehi, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta.
  11. Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Taeching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
  12. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  15. Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
  16. Tessmer, Martin. 1998. Palnning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education and Training. Kogan Page Ltd., London.
  17. Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi, (http://projects. edte.utwente.nl/cascade/imei/dissertat ion/disertasi/html diakses 22
  18. Desember 2009).

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.